Breaking News:

Berita Pidie

Ribuan Warga Pidie Laksanakan Shalat Idul Adha 1443 H, Begini Suasananya

'Dalam setiap shalat setiap insan memastikan hadir Allah dalam hati demikianhalya dalam berkurban dapat menghadirkan-Nya agar jiwa menyatu

Penulis: Idris Ismail | Editor: Nur Nihayati
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Dosen UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh, Dr Tgk H Syahminan MA menyampaikan tausiah agama dihadapan ribuan jamaah pada khutbah Idul Adha 1443 H di Masjid Al-Qurban Kemukiman Gampong Lhang, Pidie, Kabupaten Pidie, Minggu (10/7/2022). SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL 

'Dalam setiap shalat setiap insan memastikan hadir Allah dalam hati demikianhalya dalam berkurban dapat menghadirkan-Nya agar jiwa menyatu

Laporan Idris Ismail I Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Ribuan warga Pidie dari berbagai pelosok melaksanakan shalat Idul Adha 1443 H yang dipusatkan sejumlah masjid Kemukiman masing-masing, Minggu (10/7/2022).

Sepertihalnya, ribuan warga Kemukiman Gampong Lhang, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie yang menunaikan shalat Idul Adha di Masjid Al-Qurban.

Para jamaah sejak pukul 06.00 WIB yang berasal dari delapan Gampong dalam Kemukiman setempat memadati dalam dan halaman masjid untuk melakukan gema takbir.

Tepat sekira pukul 07.15 WIB pihak panitia pelaksana shalat Idul Adha masjid setempat menyampaikan informasi untuk bersiap menunaikan shalat.

Spontan para jamaah langsung berdiri untuk melaksanakan shalat dua rakaat yang di imami oleh imam besar masjid setempat, Tgk Munzir Yusuf SAg.

Baca juga: Momen Idul Adha 1443 H, Ini Pesan Bupati Aceh Singkil 

Baca juga: Pasca Karaoke Ayu Ting Ting Tewaskan 3 Orang, Begini Kata Keluarga Korban hingga Keterangan Polisi

Baca juga: Niat dan Tata Cara Shalat Idul Adha 2022, Lengkap dengan Bacaan Takbir serta Terjemahannya

Selain itu juga, bertindak sebagai khatib dari Universitas Islam Negeri (UIN), Dr Tgk H Syahminan MA  yang menyampaikan tausiah agama.

Dihadapan ribuan jamaah, dosen UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh itu untuk senantiasa membesar gema Allah SWT di musim haji adalah dengan berkurban (menyembelih hewan).

'Ini semata-mata untuk mengagunngkan Allah SWT,"ujarnya.

Dikatakan berkurban adalah mengorbankan jiwa kebakhilan (pelit) untuk mensyiarkan kesolidan sosial dalam saling berbagi dari apa yang diperoleh berupa kenikmatan.

Hal ini sebagai wujud dari pancaran rasa syukur bagi setiap hamba-Nya terhadap tangung jawab moral dari implementasi ibadah shalat dan mengingat Sang Khalid yang telah menganugerahkan rezeki yang berlimpah. 

'Dalam setiap shalat setiap insan memastikan hadir Allah dalam hati demikianhalya dalam berkurban dapat menghadirkan-Nya agar jiwa menyatu dalam menebar kabajikan,"ungkapnya.

Imam syik Masjid Al-Qurban Kemukiman Gampong Lhang, Pidie, Tgk Munzir Yusuf SAg secara terpisah kepada Serambinews.com, Minggu (10/7/2022) mengatakan, pihak masjid turut menyediakan sembelih hewan kurban delapan ekor sapi yang berasal dari para jamaah.

'Hari ini juga, kurban tersebut disembelih dan selanjutnya daging kurban tersebut disalurkan kepada 400 warga kurang mampu dari delapan kecamatan,"ungkapnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved