Breaking News:

Kabar Bireuen

Diskominsa Bireuen Kembali Gelar VSGA Diikuti 75 Peserta

VSGA merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional yang dibimbing instruktur yang ahli di bidangnya.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Dok Pribadi
Kadiskominsa Bireuen, M Zubair SH MH 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Kabupaten Bireuen bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan kembali menggelar kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA).

Kegiatan yang mulai berlangsung Selasa (12/07/2022) diikuti  75 peserta selama lima hari  bertempat  di Hotel Fajar Bireuen.

Kepala Diskominsa Bireuen,  M Zubair SH MH  kepada Serambinews.com, Selasa (12/07/2022) mengatakan,  setelah sukses melaksanakan VSGA gelombang I pada bulan lalu Diskominsa bersama BBPSDMP kembali menggelar kegiatan yang sama dengan skema pelatihan yang sedikit berbeda.

Pelatihan gelombang pertama disediakan yaitu, Junior Network Administrator, Data Management Staff dan Junior Web Develop, sementara pada gelombnag ke-II pelatihan  untuk Junior Network Administrator, Vidio Editor dan Junior Graphic Designer.

Dikatakan, VSGA merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional yang dibimbing instruktur yang ahli dibidangnya, pada akhir pelaksanaan pelatihan semua peserta bisa berhasil dalam uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi dan memperoleh sertifikat kompetensi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). 

Sertifikat tersebut dapat dipergunakan untuk melamar pekerjaan pada perusahaan-perusahaan besar atau sektor-sektor usaha lainnya.

Zubair menambahkan, kegiatan VSGA salah satu upaya pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Diskominsa melatih talenta-talenta digital putra-putri  Bireuen untuk siap berkompetisi di dunia yang serba digital saat ini.

Semua sektor kehidupan umat manusia dewasa ini sudahdijalankan dengan teknologi informasi yang  dapat mempercepat segala sektor kegiatan sehingga lebih efektif dan efisien.

Menurut Zubair, untuk lebih efektif pelatihan ini dibagi kedalam tiga ruang yang masing-masing ruang terdiri dari dua puluh lima peserta sesuai dengan skema yang dipilih.

Sementara fasilitas yang diperoleh peserta yaitu sertifikat completion jika telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, sertifikat kompetensi berbasis SKKNI jika telah lulus uji kompetensi pada akhir pelaksanaan kegiatan serta uang saku.dan konsumsi selama pelatihan.

Zubair juga menjelaskan, dengan adanya pelatihan yang diselenggarakan pihaknya merupakan sebuah langkah strategis untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi Informasi sebagai media peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia masyarakat Bireuen yang dapat mempengaruhi perkembangan daerah, karena teknologi canggih perlu didukung oleh SDM yang mampu memanfaatkannya secara optimal.(*)

Baca juga: Polres Bireuen Periksa Lembu Kurban, Semua Harus Sehat, Dibuktikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved