Breaking News:

Berita Aceh Besar

Tumbuh Pesat! 400 Dayah Bertambah di Aceh dalam Kurun 2 Tahun, Total Jumlah Saat Ini 1.626 Dayah

Pasalnya, dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini, tercatat ada 400 dayah baru bertambah di Aceh.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Dr Iqbal meresmikan Dayah Wakaf Barbate di bawah naungan Yayasan Wakaf Barbate Islamic City yang berlokasi di perkebunan kurma Barbate, Blang Bintang, Aceh Besar pada Rabu (13/7/2022). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Dr Iqbal mengungkapkan fakta menggembirakan tentang pesatnya pertumbuhan dayah di Aceh.

Pasalnya, dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini, tercatat ada 400 dayah baru bertambah di Aceh.

Data ini diungkap Dr Iqbal saat meresmikan Dayah Wakaf Barbate di bawah naungan Yayasan Wakaf Barbate Islamic City yang berlokasi di perkebunan kurma Barbate, BlangBintang, Aceh Besar, Rabu (13/7/2022).

Acara peluncuran sekaligus penyambutan santri perdana itu dirangkai dengan kenduri bersama antara keluarga santri, pejabat, dan tokoh masyarakat Blangbintang dan Krueng Raya.

Turut hadir Ketua DPRA yang diwakili Ketua Komisi VI DPRA, Ustaz Irawan Abdullah, SAg, perwakilan instansi pemerintahan, unsur Forkopimda Aceh Besar, dan tokoh masyarakat.

Kakanwil Kemenag Aceh juga menjelaskan, hingga saat ini jumlah dayah di Aceh mencapai 1.626 unit.

Baca juga: Kapolres Lhokseumawe Kunjungi Dayah Darul Falah, Program Tetap Dilanjutkan

Dari jumlah tersebut, 916 dayah merupakan yang ada madrasah di dalamnya atau dayah modern.

Dengan banyaknya pesantren yang mendidik melalui jalur pendidikan agama, ucapnya, diharapkan akan memberikan pengetahuan agama yang cukup dengan keterampilan lainnya.

“Dalam dua tahun ini bertambah 400 lebih, jadi masyarakat sangat antusias dalam menyediakan Lembaga Pendidikan Agama,” beber dia.

“Ini merupakan program yang sangat bagus. Kami berharap Yayasan Wakaf Barbate ini masuk dalam 916 dayah tadi (modern),” harap Iqbal.

Di sisi lain, Kakanwil Kememag Aceh mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pembina dan pengurus Yayasan Wakaf Barbate Islamic City.

Menurutnya, pendirian dayah tersebut sebagai salah satu bentuk partisipasi, kontribusi serta kepedulian pihak yayasan dalam menyiapkan generasi islami Aceh ke depan.

Baca juga: Toke Seum Sesalkan Pemerintah Aceh Coret Usulan Pembebasan Tanah Masjid & Dayah di Langsa dari DOKA

“Pembina dan pengurus Yayasan Wakaf Barbate Islamic City ini luar biasa. Semoga seperti bandara yang ada di Blangbintang, Barbate ini akan menggapai cita-cita anak-anak terbang tinggi,” kata Iqbal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved