Breaking News:

Opini

“Jam Emas” Hubungan AS-Indonesia di Sumatra

SEBAGAI fotografer amatir, saya baru memahami keistimewaan "golden hour" atau jam emas, yaitu saat setelah matahari terbit dan sebelum matahari

Editor: bakri
“Jam Emas” Hubungan AS-Indonesia di Sumatra
FOR SERAMBINEWS.COM
GORDON S CHURCH, Konsul AS untuk Sumatra

OLEH GORDON S CHURCH, Konsul AS untuk Sumatra

SEBAGAI fotografer amatir, saya baru memahami keistimewaan "golden hour" atau jam emas, yaitu saat setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam.

Pencahayaan lembut dapat menghangatkan subjek yang menghadap matahari, memberikan cahaya latar yang lembut, atau menonjolkannya melalui efek halo atau siluet.

Konsep pencahayaan keemasan ini sepertinya tepat untuk memotret Sumatra, yang pada zaman dahulu dalam bahasa Sanskerta dikenal sebagai Suwarnadwipa, yang berarti pulau emas.

Sumatra juga tampaknya memasuki “jam emas” dalam pembangunan, pengakuan, dan dampaknya dalam Kemitraan Strategis Amerika Serikat- Indonesia.

Secara ekonomi, 20 persen dari perdagangan bilateral kami–Rp115,7 triliun–berasal dari Sumatra, tempat perusahaan AS seperti Caterpillar, McDermott, dan OSI memperkerjakan lebih dari 10.000 penduduk Sumatra di Kepulauan Riau.

Misi Dagang Manufaktur Lanjutan AS yang dipimpin oleh para eksekutif perusahaan AS akan mengunjungi Zona Perdagangan Bebas Batam pada Oktober untuk menjajaki peluang investasi lebih lanjut.

AS juga merupakan mitra dagang utama bagi banyak provinsi, di antaranya Sumatra Utara dan Sumatra Barat, untuk produk-produk pertanian seperti kelapa sawit, karet, kopi, dan rempah- rempah, termasuk kayu manis yang diolah di pabrik Padang di bawah joint venture dengan McCormick.

Alam Sumatra menawarkan lanskap yang indah untuk dipotret seperti resor pantai Sabang, Bangka Belitung, dan Pulau Nias, Ekosistem Leuser, dan, tentunya, Kaldera Toba, yang merupakan UNESCO Global Geopark.

Baca juga: Sembilan dari 10 Pemuda Arab Saudi Lihat Amerika Serikat Sebagai Sekutu Utama Kerajaan

Baca juga: Joe Biden Sebut Israel Sebagai Tulang Dalam Amerika Serikat, Terus Perkuat Hubungan Kedua Negara

Ada begitu banyak potensi ekowisata di Sumatra.

Saya mengapresiasi tur sepeda mengunjungi objek wisata bersejarah di kota Medan baru-baru ini bersama Walikota Bobby pada 4 Juni untuk memperingati Hari Sepeda Sedunia.

Menyadari potensi pariwisata Sumatra, saya senang dapat mengumumkan bahwa pada September, AS akan menjadi tuan rumah bagi para profesional dari empat provinsi dari Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, dan Sumatra Selatan untuk bertukar praktik terbaik dalam bidang pariwisata berkelanjutan.

Hubungan AS-Sumatra Mempromosikan hubungan kebudayaan AS-Sumatera adalah salah satu dari banyak program pertukaran bilateral yang sedang berlangsung.

Sebagai contoh, University of Rhode Island di AS dan Universitas Syiah Kuala di Aceh berkolaborasi jangka panjang dan telah memberikan lebih dari 20 beasiswa.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved