Breaking News:

Layanan Penerbangan

Pengelola Bandara Malikussaleh Siapkan Gerai Vaksin untuk Penumpang

Calon penumpang yang belum vaksin booster tidak bisa melakukan perjalanan, kecuali memiliki hasil tes PCR atau Swab Antigen.

Penulis: Jafaruddin | Editor: Taufik Hidayat
For Serambinews.com
Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Malikussaleh-Aceh Utara, Sofyan 

Laporan Jafaruddin | Aceh Utara 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Bandara Malikussaleh di Kabupaten Aceh Utara, Senin (18/7/2022) kembali membuka gerai vaksin untuk penumpang. 

Gerai vaksin tersebut dibuka sehubungan mulai berlakunya Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan pada 17 Juli 2022, dalam rangka pencegahan Covid-19. 

SE Nomor 70 Tahun 2022 itu, mensyaratkan penumpang harus memiliki Hasil Tes PCR atau Swab Antigen. Ini berlaku bagi penumpang yang belum vaksin dosis tiga atau booster. Artinya penumpang yang vaksin dosis satu dan dua, harus memiliki hasil tes PCR atau Swab Antigen. 

“Kami membuka gerai vaksin mulai besok, (Senin, 18 Juli 2022),” ujar Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Malikussaleh-AcehUtara, Sofyan kepada Serambinews.com,Minggu (17/7/2022). 

 Gerai vaksin itu dibuka bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Petugas akan memeriksa nantinya setiap penumpang melalui aplikasi Peduli Lindungi. 

Karena itu penumpang memiliki aplikasi tersebut untuk memudahkan nantinya pemeriksaan sertifikat vaksin atau hasil tes PCR atau Swab Antigen. 

“Bagi yang belum vaksin booster tidak bisa melakukan perjalanan, kecuali memiliki hasil tes PCR atau Swab Antigen,” kata Sofyan. 

Atau mendatangi gerai vaksin yang sudah disediakan untuk vaksin dosis tiga. 

Aturan tersebut mulai berlaku pada 17 Juli 2022. Namun, karena hari Minggu tidak  ada jadwal penerbangan di Bandara Malikussaleh, sehingga aturan tersebut efektif berlaku mulai Senin (18/7/2022). 

Untuk diketahui Pihak Bandara Malikussaleh Aceh Utara memastikan sekarang ini penerbangan dengan rute Bandara Kualanamu (KNO) Sumatera Utara menuju Bandara Malikussaleh (LSW) Aceh Utara, tetap berlangsung enam kali dalam sepekan.

Penerbangan dengan rute KNO-LSW tetap dilayani oleh Maskapai Wings Air jenis ATR 72 dengan kapasitas 62 seat.

Awal Mei 2022, Wings Air mulai melakukan penerbangan tiga kali dalam sepekan dengan rute KNO-LSW,  yakni pada Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Untuk jam penerbangan, dari KNO ke Aceh Utara, pukul 10.50 WIB. Sedangkan dari Aceh Utara keKNO, pukul 12.10 WIB.

Namun sejak akhir Juli 2022 lalu, hingga sekarang, penerbangan mulai berlangsung enam kali dalam sepekan. 

Penerbangan berlangsung setiap hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu. 

Untuk jam penerbangan, pada Senin, Rabu, dan Jumat, dari KNO pukul 14.00 WIB, sedangkan dari Aceh Utara pukul 15.00 WIB.

Pada Selasa, Kamis, dan Sabtu, dari KNO pada pukul 11.45 WIB dan dari Aceh Utarapukul 13.05 WIB.(*)

Baca juga: Wabah PMK di Lhokseumawe, Enam Desa Berstatus Zona Merah

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved