Breaking News:

Video

VIDEO Jalani Sidang Skripsi Online, Napi Rutan Banda Aceh Ini Tetap Simpan Mimpi Besar jadi Sarjana

Muhajirin merupakan salah satu warga binaan Rutan Kelas IIB Banda Aceh yang tengah mengikuti sidang skripsi kuliah secara online di Aula Rutan

Editor: Teuku Fauzan

SERAMBINEWS.COM - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banda Aceh, memberikan akses seluas-luasnya bagi Muhajirin, seorang narapidana yang saat ini ditahan di sana untuk mengikuti sidang skripsi kuliah.

Hal tersebut didasari pentingnya pendidikan dan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap individu.

Bahkan pemerintah mewajibkan setiap warga negaranya untuk bisa memperoleh hak pendidikan selama 12 tahun dan disarankan lebih dari itu hingga ke jenjang sarjana.

Lalu, dalam memperoleh pendidikan juga tidak mengenal waktu, umur, dan tempat, salah satunya bisa didapatkan di mana saja, salah satunya di lapas dan rutan.

Hal itulah yang dirasakan oleh warga binaan Rutan Kelas IIB Banda Aceh, Muhajirin.

"Muhajirin merupakan salah satu warga binaan Rutan Kelas IIB Banda Aceh yang tengah mengikuti sidang skripsi kuliah secara online di Aula Rutan Kelas IIB Banda Aceh, Kamis (21/7/2022)," kata Kepala Rutan Kelas IIB Banda Aceh, Ilhamuddin, Sabtu (23/7/2022).

Baca juga: Jalani Sidang Skripsi Online, Napi Rutan Banda Aceh Ini Tetap Simpan Mimpi Besar jadi Sarjana

Mengingat pentingnya pendidikan yang harus dijalani, meski di satu sisi Muhajirin tengah menjalani hukuman atas kasus pidana yang menjeratnya.

Tapi, dari pihak Rutan Kelas IIB memberikan kelonggaran dan akses seluas-luasnya.

Dengan mengenakan jas seperti mahasiswa lainnya yang sedang mengikuti sidang skripsi,

Muhajirin juga turut didampingin oleh adiknya, di samping ada petugas Rutan Banda Aceh.

Muhajirin penuh semangat menjelaskan hasil skripsinya kepada penguji secara online melalui aplikasi zoom.

Baca juga: Nabila Kaget Dapat Hadiah Foto Baliho setelah Sidang Skripsi, Awalnya Malu tapi Malah Viral TikTok

“Meski saat ini saya berstatus sebagai warga binaan, tapi niat saya menjadi seorang sarjana tetap besar. Alhamdulillah, niat saya itu mendapat dukungan Ka rutan Kelas IIB Banda Aceh dan jajaran. Bahkan saya diberikan fasilitas dan ruangan serta alat pendukung lainnya, sehingga saya dapat menyelesaikan sidang skripsi sarjana saya,” ujar Muhajirin penuh haru.

Sebelum menjalani pidana, Muhajirin merupakan sekarang mahasiswa Fakultas Hukum di Universitas Syiah Kuala dan telah menjalani kuliah hingga semester delapan.

Kepala Rutan Kelas IIB Banda Aceh, Irhamuddin, menyampaikan kegiatan pembinaan intelektual merupakan salah satu dari kegiatan pembinaan Kepribadian.

Karena itu Rutan Kelas IIB Banda Aceh melakukan respon cepat dengan menyediakan ruangan dan alat pendukung lainnya bagi warga binaan agar proses perkuliahannya tetap berjalan lancar.

Lebih lanjut, Ka rutan Kelas IIB Banda Aceh ini memberikan apresiasi kepada Muhajirin atas gelar sarjana yang diraihnya setelah melaksanakan sidang skripsi.

“Semoga apa yang telah dicapai Muhajirin ini dapat menjadi motivasi warga binaan lainya terutama dalam hal pendidikan,” pungkas Karutan.(*)

Baca juga: Nicholas Sean Anak Ahok Jadi Calon Dokter, Banjir Ucapan Selamat, Pamer Momen Sidang Skripsi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved