Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Kembali Ditunda, Tuha Peut Meunasah Mesjid Pertanyakan Kepastian Pilchiksung Serentak di Lhokseumawe

Hingga saat ini belum ada kepastian Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) Serentak 2022 di Kota Lhokseumaw

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Ketua Tuha Peut Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Sazali Bin Zainal Abidin 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE – Hingga saat ini belum ada kepastian Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) Serentak 2022 di Kota Lhokseumawe.

Kepastian pelaksanaan Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) Serentak 2022 di Kota Lhokseumawe belum jelas kapan akan digelar.

Awalnya rencana pelaksanaan pemilihan keuchik serentak dilakukan pada bulan Mei 2022 sebagaimana surat Wali Kota Lhokseumawe yang disampaikan kepada Pemerintahan Gampong yang akan melaksanakan Pilkades Serentak tahun 2022.

Namun akhirnya semua tahapan pesta demokrasi terpaksa ditunda sementara yang menurut informasi belum ada Peraturan Daerah atau Qanun tentang pemilihan Keuchik Serentak di Kota Lhokseumawe. 

Baca juga: Ini Nama 8 Calon Keuchik Terpilih dalam Pilchiksung Serentak Tahap II di Nagan Raya

Ketua Tuha Peut Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Sazali Bin Zainal Abidin menyatakan bahwa pihak mereka telah melakukan tahapan awal yakni membentuk Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) di gampong tersebut.

Selanjutnya juga telah mengalokasikan dana pemilihan keuchik dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) Tahun 2022. 

"Kita telah melakukan persiapan yang matang sejak ada surat pemberitahuan pelaksanaan Pilkades serentak di Kota Lhokseumawe sejak awal tahun 2022.

Mulai dari pengalokasian dana dalam APBG Tahun 2022 hingga pembentukan Panitia juga telah dibentuk.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Per Mayam di Lhokseumawe, Minggu (24/7/2022), Lebih Banyak yang Jual Emas

Namun sekitar bulan Februari 2022 ada surat pemberitahuan bahwa Pilkades ditunda sementara sehingga sampai saat ini belum ada kejelasan kapan dilakukan pemilihan tersebut,” ujar Sazali, kepada Serambinews.com, Minggu (24/7/2022).

Lebih lanjut ketua tuha peut mengatakan kondisi belum ada kepastian pelaksanaan Pilkades serentak seperti ini sangat tidak bagus bagi kelangsungan demokrasi tingkat gampong.

“Karena sejak bergulirnya informasi pemilihan Keuchik, para kandidat calon Keuchik sudah melakukan upaya persiapan berkas.

Kemudian melakukan silaturahmi langsung dengan warga dengan cara pertemuan door to door untuk mencari dukungan guna dipilih dalam pemilihan dan menjadi keuchik definitif," ujarnya.

Baca juga: BREAKING NEWS - Satu Keluarga di Bireuen Bersimbah Darah, Diserang Dengan Parang

Oleh karena itu sambungnya, masyarakat mengharapkan segera dilaksanakan Pilkades serentak di Kota Lhokseumawe tahun 2022.

“Sehingga tidak beradu dengan tahapan pemilu 2024 yang sudah dimulai pada tanggal 14 Juni 2022 hingga 14 Juni tahun 2024,” demikian Sazali.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved