Breaking News:

Berita Aceh Jaya

309 Mahasiswa UTU Meulaboh KKN di Aceh Jaya, Sekda Harap Mereka Berperan Cegah Stunting

Ratusan mahasiswa itu akan mengabdikan diri di sejumlah desa di Aceh Jaya selama 30 hari atau sejak 21 Juli hingga 21 Agustus 2022.

Penulis: Riski Bintang | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS.COM/RISKI BINTANG      
Pejabat Pemkab Aceh Jaya menyematkan almamater kepada perwakilan mahasiswa sebagai tanda dimulainya KKN di Aceh Jaya 

Ratusan mahasiswa itu akan mengabdikan diri di sejumlah desa di Aceh Jaya selama 30 hari atau sejak 21 Juli hingga 21 Agustus 2022.

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Sebanyak 309 mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat, akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kabupaten Aceh Jaya.

Ratusan mahasiswa itu akan mengabdikan diri di sejumlah desa di Aceh Jaya selama 30 hari atau sejak 21 Juli hingga 21 Agustus 2022.

Kadatangan ratusan mahasiswa itu dipimpin Rektor Universitas Teuku Umar, Dr Ishak Hasan, MSi, didampingi Wakil Rektor III, Dr Mursyidin, MA dan sejumlah civitas akademika UTU. 

Kedatangan rombongan UTU ini disambut Sekda Aceh Jaya, Mustafa didampingi para asisten dan sejumlah kepala SKPK. 

Mustafa mengharapkan agar adanya terobosan yang dihasilkan selama pelaksanaan KKN di Aceh Jaya. 

Baca juga: Wahyu, Anak Sopir dari Simeulue yang Terpilih Jadi Presiden Mahasiswa UTU Meulaboh, Ini Profilnya

Tak hanya itu, Sekda Aceh Jaya juga meminta para mahasiswa dan dosen DPL ini nantinya dapat memberikan referensi untuk daerah, khususnya terhadap upaya pencegahan stunting. 

"Khususnya kepada adik-adik mahasiswa bersama dosen DPL, besar harapan agar melakukan terobosan-terobosan baru terkait masalah yang ada dalam masyarakat," katanya

"Tentunya, ini sangat berarti sebagai referensi Pemkab dalam upaya perbaikan ke depan, khususnya upaya mencegah dan menurunkan kasus stunting di tengah-tengah masyarakat," tambah Mustafa.

Sekda Aceh Jaya juga mengatakan pentingnya sinergitas, kolaborasi, antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah agar mampu memberikan alternatif kebijakan bagi pimpinan daerah.

Dalam hal ini memunculkan program-program baru, khususnya pengembangan kemandirian keluarga yang berbasis agro and marine industry yang tujuan utamanya mencegah dan menurunkan stunting di Kabupaten Aceh Jaya.

Baca juga: Tim Mahasiswa UTU Dapat Pendanaan Program Wiradesa Kemdikbud Ristek

Tidak hanya itu, pemerintah Aceh Jaya juga mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan dan peran serta UTU dalam membantu meningkatkan pengetahuan sekaligus partisipasi masyarakat dan mensejahterakan masyarakat Aceh Jaya.

Dalam KKN tahun ini, mahasiswa akan mengabdi di sejumlah gampong dalam enam kecamatan. 

Tepatnya dalam gampong di Kecamatan Pasie Raya, Panga, Krueng Sabe, Setia Bakti, Darul Hikmah, dan Sampoiniet.

Sementara itu Rektor UTU, Dr Ishak Hasan, MSi, mengatakan pelaksnaan KKN ini merupakan sumbangsih nyata dari UTU untuk Pemkab Aceh Jaya dalam mendukung pembangunan.

"Untuk itu, seluruh jajaran pimpinan di UTU, bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya mewujudkan keberhasilan pembangunan di kabupaten Aceh Jaya

Khususnya dalam memberikan sumbangsih di bidang sumber daya manusia, karena kampus merupakan tempat Center of Excellence atau Pusat Unggulan dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM)," tutupnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved