Breaking News:

Berita Sabang

BMKG Aceh Besar Bekali Warga Sabang Tips Evakuasi Mandiri Saat Gempa, Peluang Selamat 90 Persen

"Jadi setelah kita mempelajari dan analisis, ternyata evakuasi mandiri itu hal yang paling penting,” kata Darmawan.

Penulis: Aulia Prasetya | Editor: Saifullah
Foto Dok Humas Pemko Sabang
Peserta Sekolah Lapang Gempa (SLG) tahun 2022 di Kota Sabang dengan mengikuti materi narasumber di Aula Hotel Nagoya Sabang, Rabu (27/7/2022). 

Laporan Aulia Prasetya | Sabang

SERAMBINEWS.COM, SABANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar menggelar Sekolah Lapang Gempa Bumi (SLG) tahun 2022 di Kota Sabang, yang berlangsung di Aula Hotel Nagoya Sabang, Rabu (27/7/2022).

Kepala Balai I BMKG Darmawan, SSi, MSi menjelaskan, pihaknya selalu melaksanakan SLG untuk mengedukasi seluruh elemen masyarakat terkait tindakan yang harus dilakukan sebelum, sedang, dan setelah terjadinya gempa bumi dan tsunami.

Mengingat pada musibah gempa bumi dan tsunami tahun 2004 lalu, jatuh banyak korban jiwa.

Dia menyebutkan, pada kejadian gempa tahun 2004, peralatan yang tersedia sangat sedikit, seluruhnya itu sekitar 30 alat.

Namun, secara bertahap sejak tahun 2005 sampai saat ini, pihaknya sudah menyediakan sekitar 500 alat yang dipasang untuk memantau gempa bumi di darat maupun di laut. 

"Jadi setelah kita mempelajari dan analisis, ternyata evakuasi mandiri itu hal yang paling penting,” kata Darmawan.

Baca juga: Peneliti USK Lanjutkan Pengembangan Serious Game Untuk Promosi Rute Evakuasi Bencana

“Kami juga akan menjelaskan kepada masyarakat cara-cara untuk evakuasi mandiri, yang memungkinkan kita selamat sampai 90 persen,” jelasnya.

“Jika dibandingkan menunggu datangnya tim evakuasi yang membantu, kemungkinan selamat hanya 15 persen," lanjut Darmawan.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Sabang melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Sabang, Faisal Azwar, ST, MT mengatakan, peran BMKG di Kota Sabang sangat vital dan penting untuk memberikan informasi yang akurat dan cepat bagi masyarakat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved