Breaking News:

Cahaya Aceh

Dikukuhkan, Pj Gubernur Harap KSBN Aceh Jadi Garda Terdepan dalam Pelestarian Seni Budaya

Oleh sebab itu, dengan hadirnya KSBN, pihaknya ingin seni dan budaya nusantara, khususnya Aceh, dapat terus terjaga dan terawat karena hal tersebut...

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Pelantikan dan Pengukuhan DPW KSBN Aceh Periode 2022-2027 di Unmuha Convention Center (UCC) Ahmad Dahlan, Kota Banda Aceh, Jumat, 29 Juli 2022, malam. 

Oleh sebab itu, dengan hadirnya KSBN, pihaknya ingin seni dan budaya nusantara, khususnya Aceh, dapat terus terjaga dan terawat karena hal tersebut merupakan identitas bangsa.

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki berharap DPW Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Aceh menjadi garda terdepan daerah dalam bidang promosi, pengembangan dan pelestarian seni budaya tanah endatu. 

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal saat mewakili Pj Gubernur memberikan sambutan pada Pelantikan dan Pengukuhan DPW KSBN Aceh Periode 2022-2027 di Unmuha Convention Center (UCC) Ahmad Dahlan, Kota Banda Aceh, Jumat, 29 Juli 2022, malam.

“Tidak hanya untuk seni sastra lisan, seni visual dan pertunjukan, namun juga untuk bentuk-bentuk seni budaya lainnya, karena potensi seni budaya Aceh yang demikian beragam dan masih terpendam, layaknya harta karun yang menunggu digali, dipoles dan diletakkan di bawah lampu sorot agar bersinar cemerlang,” ujar Almuniza.

Ia pun berpesan, biarkan seni budaya dalam bentuk warna warninya yang indah dan menyentuh hati, serta menjadi duta besar keluhuran adat istiadat, budi pekerti dan budaya Aceh di depan masyarakat global.

“Sehingga Aceh akan semakin dikenal sebagai negeri penghasil produk seni budaya unggul bernilai tinggi,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Almuniza mengucapkan selama kepada pengurus KSBN Aceh yang baru dikukuhkan oleh Ketua Umum (Ketum) DPP KSBN, Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji .


“Selamat bertugas kepada pengurus DPW KSBN Aceh Periode 2022-2027.  Semoga di tahun-tahun mendatang masyarakat Aceh akan menyaksikan perkembangan yang positif dari bidang seni budaya, untuk mendukung pembangunan Provinsi Aceh menuju daerah yang mandiri dan makmur,” pungkasnya.

Baca juga: Malam Ini Pengurus Komite Seni Budaya Nusantara Aceh Dilantik 

Sebelumnya, Ketua DPW KSBN Aceh, Sulaiman menyampaikan, Aceh 
memiliki beragam seni dan budaya yang perlu dilestarikan dan diangkat ke skala nasional maupun internasional. 

Selain itu, menurutnya saat ini banyak sekali dimensi seni yang berkembang, seperti seni tari, seni musik, seni rupa, seni sastra, dan seni teater. 

Oleh sebab itu, dengan hadirnya KSBN, pihaknya ingin seni dan budaya nusantara, khususnya Aceh, dapat terus terjaga dan terawat karena hal tersebut merupakan identitas bangsa.

“Mari kita berperan aktif menyukseskan kepengurusan KSBN Aceh selama satu periode ke depan,” sebut Sulaiman, yang juga anggota DPR Aceh.

“Jika ada kendala dalam menjalankan roda organisasi, jangan sungkan menyampaikan langsung. Saya sangat terbuka untuk siapa pun, demi memajukan organisasi kita menjadi lebih baik,” pintanya. (*)
 

Baca juga: Pemkab dan UTU Bahas Pembangunan Sosial Budaya di Nagan Raya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved