Breaking News:

Berita Aceh Timur

KIP Sosialisasikan PKPU Tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 

Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mempersiapkan verifikasi Parpol calon peserta pemilu 2024.

Penulis: Seni Hendri | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
KIP Aceh Timur Sosialisasi PKPU Tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu bagi seluruh komisioner dan staf sekretariat KIP Aceh Timur, Senin (1/8/2022) 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Timur mensosialisasikan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu anggota DPR dan DPRD.

Selain itu sosialisasi Keputusan KIP Aceh Nomor 20 tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Lokal Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota tahun 2024.

Serta sosialisasi Pengenalan Fungsi Sistem Informasi Partai Politik (sipol) pada pemilu serentak tahun 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh komisioner dan staf sekretariat KIP Aceh Timur berjumlah 37 orang yang berlangsung di Aula KIP Aceh Timur,  Senin (1/8/2022). 

Ketua KIP Aceh Timur, Sofyan menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk mempersiapkan verifikasi Parpol calon peserta pemilu 2024.

"Kegiatan ini kita buat untuk mempersiapkan verifikasi parpol, calon peserta pemilu 2024, dan kita juga tetap menunggu regulasi dari KPU RI melalui KIP Aceh yang diturunkan ke kabupaten kota secara hirarki," kata Sofyan usai sosialisasi. 

Sementara itu, Eni Yuliana selaku Divisi Teknis yang menjadi pemateri dalam sosialisasi itu memaparkan tugas KIP ke depan saat proses verifikasi berlangsung.

"Salah satunya adalah verifikasi atau meneliti keabsahan dokumen. Juga kantor akan diverifikasi kelengkapan dokumennya yang dibuktikan oleh bukti sewa atau pembelian," jelas Eni.

Selanjutnya, Nurmi selaku, Ketua Divisi Data dan Informasi, yang juga jadi pemateri dalam kegiatan itu mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu arahan dari KPU dan KIP Aceh. 

"Kita masih menunggu arahan selanjutnya apa yang akan kita lakukan. Dulu kita memakai berkas yang bertumpuk akan tetapi sekarang sudah memakai sistem web atau berupa aplikasi yakni SIPOL," jelas Nurmi. 

Lebih lanjut, jelas Nurmi, tugas yang akan dilaksanakan KIP ke depan yaitu membentuk verifikasi faktual, hingga 14 Agustus 2022, selanjutnya menyatakan lengkap atau tidak lengkap partai yang sudah mendaftar. 

Kemudian nanti akan memverififikasi kantor, kepengurusan, keanggotaan. Sementara sipol hanya memverifikasi apa yang sudah ditugaskan.

"Mengesahkan kebenaran itu adalah tugas KIP Aceh Timur berlandaskan arahan dari KPU melalui KIP Aceh. Tidak hanya itu setiap partai wajib memiliki akun SIPOL, namun yang perlu diketahui bahwa peran kabupaten kota menunggu kelanjutan apa yang diperintahkan selanjutnya," ujar Nurmi.(*)

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, KIP Aceh Besar Sosial Peraturan KPU Tentang Verifikasi dan Penetapan Parpol 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved