Breaking News:

Berita Langsa

Total Kasus PMK Sapi di Langsa 2.123 Ekor, Ini Jumlah Ternak yang Sembuh dan Masih Sakit

Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) sapi di wilayah Kota Langsa sebanyak 2.123 ekor dan untuk kesembuhannya mencapai total 2.111 ekor

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
For Serambinews.com
Petugas Balai Veteriner Medan saat mengambil sampel terhadap sapi positif PMK di Kota Langsa berapa waktu lalu 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) sapi di wilayah Kota Langsa sebanyak 2.123 ekor dan untuk kesembuhannya mencapai total 2.111 ekor. 

"Untuk sapi positif PMK yang mati sebanyak 10 ekor dan potong paksa hanya 1 ekor," ujar Kepala DPPKP Kota Langsa, Banta Ahmad, S.St.Pi, melalui Kabid Pe ternakan, Drh. Elga, kepada Serambinews.com, Senin (1/8/2022)

Drh. Elga memaparkan, bahw sampai saat ini data yang ada bersama pihaknya hanya tersisa 1 ekor sapi masih terpapar wabah PMK tersebut. 

"Dari total kasus PMK 2.123 ekor sapi di wilayah kita ini, sekarang hanya tersisa 1 ekor saja yang masih sakit," sebutnya.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi PMK di Aceh Jaya, Sekda Aceh Apresiasi Tim Vaksinator

Dia menambahkan, Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Langsa sebelumnya juga sudah menerima 1.000 vaksin dari Dinas Pe ternakan Aceh.

Lalu dari 1.000 dosis itu langsung dilakukan penyuntikan ke 955 ekor sapi milik warga, sedangkan 5 dosis rusak tidak bisa dipakai

"1.000 dosis vaksin yang diterima DPPKP Kota Langsa, 955 dosis sudah kita suntikan ke sapi warga sejak tanggal 25-29 Juli lalu," katanya.

DPPKP Kota Langsa saat ini juga masih menunggu dosis vaksin sapi tambahan dari Dinas Peternakan Aceh untuk melanjutkan penyuntikan vaksin terhadap sapi warga lainnya. (*)

Baca juga: Ini Deretan Artis Hadiri Pernikahan Putri Anies Baswedan, Ada Zaskia Sungkar hingga Ari Sihasale

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved