Breaking News:

Luar Negeri

Kenapa Arab Saudi Sambut Baik Tewasnya Ayman Al Zawahiri? Taliban Tuduh AS Lakukan Pelanggaran

AS menyebut Ayman Al Zawahiri sebagai salah satu teroris paling dicari di dunia dan dalang serangan 11 September 2001.

Editor: Faisal Zamzami
SITE INTELLIGENCE GROUP/AFP
Gambar selebaran ini disediakan oleh Biro Investigasi Federal (FBI) pada 1 Agustus 2022 menunjukkan poster pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri setelah dia terbunuh dalam operasi kontraterorisme AS. 

SERAMBINEWS.COM, RIYADH - Arab Saudi menyambut baik kabar dari Amerika Serikat (AS) tentang pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri tewas.

"Kerajaan Arab Saudi menyambut baik pengumuman Presiden AS Joe Biden tentang penargetan dan pembunuhan pemimpin teroris Al Qaeda Ayman Al Zawahiri," kata kementerian luar negeri, Selasa (2/8/2022).

Pernyataan itu muncul tak lama setelah Biden mengumumkan bahwa AS telah membunuh Ayman Al Zawahiri dalam serangan pesawat tak berawak (drone) di Kabul, Afghanistan.

AS menyebut Ayman Al Zawahiri sebagai salah satu teroris paling dicari di dunia dan dalang serangan 11 September 2001.

Alasan Arab Saudi sambut baik

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan, Al Zawahiri dianggap sebagai salah satu pemimpin terorisme yang memimpin perencanaan dan pelaksanaan operasi teroris keji di AS, Arab Saudi, dan sejumlah negara lain di dunia.

"Ribuan orang tak bersalah dari berbagai kebangsaan dan agama, termasuk warga negara Saudi, tewas," kata pernyataan itu, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Pemerintah Kerajaan menekankan pentingnya memperkuat kerja sama dan upaya internasional bersama untuk memerangi dan memberantas terorisme, menyerukan semua negara untuk bekerja sama dalam kerangka kerja ini untuk melindungi orang yang tidak bersalah dari organisasi teroris," tambah Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Zawahiri yang lahir di Mesir dilaporkan telah mengambil alih Al Qaeda setelah Osama bin Laden dibunuh oleh pasukan khusus AS di Pakistan pada 2011, dan kepalanya dihadiahi 25 juta dollar AS.

Seorang pejabat senior Pemerintah AS mengatakan, Zawahiri berada di balkon sebuah rumah di Kabul ketika dia menjadi sasaran dengan dua rudal Hellfire, satu jam setelah matahari terbit pada 31 Juli.

Baca juga: Siapa Pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri dan Apa Hubungannya dengan Osama bin Laden?

Taliban Sebut AS Lakukan Pelanggaran

Taliban mengecam pembunuhan pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri oleh Amerika Serikat (AS), dalam serangan pesawat tak berawak "presisi" di pusat Ibu Kota Kabul Afghanistan.

Al Zawahiri adalah seorang ahli bedah Mesir yang memiliki peran dalam serangan 11 September 2001 di Menara Kembar WTC AS. Washington menjanjikan hadiah 25 juta dollar AS (Rp 371,3 miliar) untuk kepalanya.

Pembunuhannya merupakan pukulan terbesar bagi kelompok bersenjata itu sejak pendirinya Osama bin Laden terbunuh pada 2011.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved