Breaking News:

Internasional

Nancy Pelosi Tiba di Singapura, China Peringatkan AS

Ketua House of Representative Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi tiba di Singapura pada Senin (1/8/2022) pagi

Editor: bakri
AP
Nancy Pelosi 

SINGAPURA - Ketua House of Representative Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi tiba di Singapura pada Senin (1/8/2022) pagi.

Pelosi memulai tur Asia saat spekulasi tentang kemungkinan kunjungannya ke Taiwan yang telah memicu ketegangan antara AS dengan China.

Seseorang yang mengetahui masalah tersebut membenarkan bahwa Pelosi dan delegasinya mendarat di Singapura sebelum fajar.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Singapura mengatakan, Pelosi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Singapura Halimah Yacob dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Pelosi juga dijadwalkan bertemu dengan sejumlah menteri kabinet.

Pelosi juga diharapkan menghadiri resepsi koktail dengan Kamar Dagang Amerika di Singapura.

Sejauh ini tidak ada akses media untuk meliput kunjungan Pelosi.

Dalam sebuah pernyataan selama akhir pekan, Pelosi mengatakan, dia akan mengunjungi Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang untuk membahas perdagangan, pandemi Covid-19, perubahan iklim, keamanan, dan pemerintahan yang demokratis.

Pelosi tidak mengonfirmasi rumor terkait rencana kunjungannya ke Taiwan.

Jika kunjungan Pelosi ke Taiwan dikonfirmasi, maka ini akan menjadi lompatan bagi karir bagi Pelosi, yang semakin memanfaatkan posisinya di Kongres sebagai utusan AS di panggung global.

Baca juga: Nancy Pelosi Sebut AS Kagum dengan Perjuangan Rakyat Ukraina Melawan Rusia

Baca juga: Ketua DPR AS, Nancy Pelosi Serukan Gencatan Senjata Hamas-Israel, Ulangi Lagi Pendirian Joe Biden

Pelosi telah lama menantang China tentang hak asasi manusia dan menyatakan keinginnya mengunjungi Taiwan awal tahun ini.

Delegasi yang ikut dalam rombongan Pelosi antara lain, Perwakilan AS Gregory Meeks, Ketua Komite Urusan Luar Negeri Mark Takano, Ketua Komite untuk Urusan Veteran Suzan DelBene, dan Wakil Ketua Komite Sarana.

Selain itu, ada pula anggota Komite Tetap Intelijen dan Ketua Subkomite Kebijakan Ekonomi dan Konsumen dari Komite Pengawasan dan Reformasi DPR, Raja Krishnamoorthi, dan anggota Komite Urusan Luar Negeri dan Angkatan Bersenjata, Andy Kim.

Dalam panggilan telepon dengan Presiden AS Joe Biden pekan lalu, Presiden China Xi Jinping memperingatkan agar Washington tidak ikut campur dalam urusan Beijing yang terkait dengan Taiwan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved