Breaking News:

Pemilu 2024

Hingga Hari Ketiga belum Ada Partai Lokal Mendaftar, KIP: Jangan Fokus di Hari Terakhir

Sebagai penyelenggara, KIP sangat berharap semua calon peserta memanfaatkan semaksimal mungkin limit waktu pendaftaran 1-14 Agustus

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Ansari Hasyim
For Serambinews.com
Komisioner KIP Aceh, Akmal Abzal 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Hingga memasuki hari ketiga masa pendaftaran partai politik lokal (parlok) peserta pemilu 2024, belum ada satupun partai yang mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh.

Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan Parmas KIP Aceh, Tgk Akmal Abzal kepada Serambinews.com, Rabu (3/8/2022) berharap parlok peserta Pemilu untuk memanfaatkan waktu dengan mendaftar lebih awal dari tanggal yang sudah ditetapkan.

"Sejak jadwal pendaftaran parlok untuk menjadi peserta pemilu dibuka oleh KIP Aceh hingga hari ini belum ada satupun yang mendaftar ke KIP Aceh," kata Tgk Akmal Abzal.

Kendati 8 parlok calon peserta Pemilu telah memiliki akun Sipol, namun KIP belum menerima secara resmi informasi kepastian pendaftaran parlok tersebut.

"Sebagai penyelenggara, KIP sangat berharap semua calon peserta memanfaatkan semaksimal mungkin limit waktu pendaftaran 1-14 Agustus mendatang," ujarnya.

Pendaftaran Partai Lokal Calon Peserta Pemilu 2024 Dibuka 1 Hingga 14 Agustus

KIP Aceh Buka Pendaftaran Partai Lokal Calon Peserta Pemilu 2024

"Usahakan untuk tidak terfokus mendaftar pada hari terakhir mengingat banyaknya dokumen-dokumen persyaratan yang harus dilengkapi," Tgk Akmal Abzal mengingatkan.

Sebelumnya diberitakan, KIP Aceh membuka pendaftaran parlok calon peserta Pemilu 2024 bersamaan dengan pendaftaran partai politik nasional di KPU RI selama 14 hari dari tanggal 1-14 Agustus 2022.
Masa pendaftaran dibuka berdasarkan Keputusan KIP Aceh Nomor 20 Tahun 2022 Tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Lokal Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota Tahun 2024.

"Waktu pelayanan pendaftaran berlangsung dari hari Senin 1 Agustus sampai dengan Sabtu, 13 Agustus 2022 pukul 08:00-16.00 WIB dan hari Minggu, 14 Agustus 2022 pukul 08:00- 23:59 WIB," sebut Ketua KIP Aceh Syamsul Bahri didampingi para komisioner dalam konferensi pers di aula kantor KIP setempat, Jumat 29 Juli 2022.

Sedangkan tempat pendaftaran berlokasi di Kantor KIP Aceh, Jalan Teuku Nyak Arief, Kompleks Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, Banda Aceh.

Syamsul menegaskan bahwa untuk bisa mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024, setiap partai harus sudah mengirimkan data dan dokumen persyaratan yang diunggah melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Hingga Jumat (29/7/2022), sambung Syamsul, parlok yang telah memiliki akun Sipol sebanyak delapan partai politik lokal.

Yaitu Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Aceh (PA), Partai Geuneurasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa (GABTHAT), Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh (SIRA), Partai Islam Aceh (PIA), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Amanah Reformasi (PAR).(*)

Belajar Pengelolaan Hutan, Bupati Tapsel Bawa Sejumlah Kadis ke Tamiang

VIDEO Gaya Nyentrik Jamaah Haji Asal Sulsel Merayakan Kepulangan Ke Tanah Air

VIDEO Universitas Serambi Mekkah Tandatangani MoU Dengan Pemko Sabang dan Sosialisasi Penmaru

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved