Breaking News:

Info Singkil

Tarik Wisata Warga Kota, Parit Depan Pendopo Bupati Aceh Singkil Disulap Jadi Tempat Budidaya Ikan

Untuk tahap pertama, penaburan benih ikan dilakukan di parit depan masjid agung Nurul Makmur dan depan pendopo bupati.

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Penjabat Bupati Aceh Singkil, Marthunis tabur benih ikan di saluran drainase di depan pendopo bupati di Pulo Sarok, Singkil, Kamis (4/8/2022) 

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Terobosan baru dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis untuk menata keindah kota Singkil. 

Setelah sebelumnya mengajak jajarannya gotong royong bersihkan saluran parit di jalan dua jalur di pusat pemerintahan Kabupaten Aceh Singkil, di kawasan Pulo Sarok, Singkil.

Selanjutnya Marthunis, menjadikan parit atau saluran drainase yang telah dibersihakan tersebut sebagai tempat Budidaya Ikan Air Tawar

Sebelumnya parit tersebut, dibiarkan dipenuhi sampah dan rumput liar.

Penaburan benih ikan yang diambil dari UPTD Balai Benih Ikan Dinas Perikanan Aceh Singkil, dilakukan, Marthunis bersama kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK), Kamis (4/8/2022). Seperti Kepala Dinas Perikanan Saiful Umar, Asisten I Junaidi, Asisten II Faisal dan pejabat lain.

Pada tahap pertama, penaburan benih ikan dilakukan di parit depan masjid agung Nurul Makmur dan depan pendopo bupati. 

Marthunis mengatakan, tujuan utama penaburan ikan untuk menjaga kebersihkan parit. "Kita tabur ikan ini supaya masyarakat sayang kalau buang sampah di situ, karena ada ikannya," kata Marthunis. 

Tujuan berikutnya sebagai daya tarik wisata warga kota. Sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

"Orang akan datang kemari sebagai daya tarik wisata. Kami membayangkan anak-anak datang beli pakan ikan lalu memberikan makan ikan. Sehingga mendorong peningkatan perekonomian," ujar Marthunis. 

Terpisah Kepala Dinas Perikanan Aceh Singkil, Saiful Umar, mengatakan bibit ikan yang ditabur jenis nila. Jumlahnya mencapai 5.000 ekor.

"Sebelum penaburan sudah dilakukan survei. Air di drainase cocok untuk budidaya ikan nila," ungkapnya. 

Terlepas dari itu semua gebrakan yang dilakukan Pj Bupati Aceh Singkil, patut ditiru warga kota Singkil dengan manfaatkan parit depan rumah masing-masing sebagai tempat budidaya ikan.(*)

Baca juga: VIDEO Nelayan Hilang di Aceh Singkil akibat Perahu Terbalik Diterjang Ombak

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved