Breaking News:

Berita Bireuen

Permintaan Warga Juli Terpenuhi, Pos Damkar Diresmikan

Dengan adanya Damkar yang ditempatkan di Juli diharapkan mempercepat hadirnya damkar di lokasi kebakaran membantu memadamkan api.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, Jumat (5/8/2022) meresmikan Pos Pembantu Pemadam Kebakaran di Wilayah Kecamatan Juli bertempat di kompleks kantor camat Juli, Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Permintaan warga Kecamatan Juli, Bireuen sejak tiga tahun terakhir agar ditempatkan Damkar di Juli Bireuen untuk mempermudah penanganan  memadamkan musibah kebakaran terpenuhi Jumat (05/08/2022), satu Pos Pembantu Pemadam Kebakaran atau Pos Damkar Juli serta dua satu kendaraan Damkar diresmikan Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi.

Pos Pembantu Damkar berada di komplek Kantor Camat Juli Bireuen bersebelahan dengan Mapolsek Juli, dengan hadirnya Pos Damkar diharapkan mempercepat penanganan apabila ada musibah kebakaran di 36 desa dalam wilayah kecamatan Juli Bireuen.

Imum Mukim Juli Selatan, Tgk Zainuddin kepada Serambinews.com mengatakan, desakan masyarakat sejak lama agar di Bireuen tersedia satu unit Damkar terpenuhi sudah.

Disebutkan, selama ini apabila ada musibah kebakaran Damkar bergerak dari Pos Bireuen ke Juli yang kadang-kadang lokasi kebakaran berjarak sekitar 40 KM dari Bireuen, setiba Damkar di lokasi rumah sudah ludes terbakar.

Dengan adanya Damkar yang ditempatkan di Juli diharapkan mempercepat hadirnya damkar di lokasi kebakaran  membantu memadamkan api.

Camat Juli, Doli Mardian SE MM kepada Serambinews.com mengatakan, wilayah kecamatan Juli luas sekali mulai dari KM 2 sampai KM 35 berbatasan dengan Bener Meriah.

Selain terdapat beberapa desa terpencil seperti Sarah Sirong Jaja maupun beberapa desa lainnya berbatasan dengan Kecamatan Jeumpa.

Hadirnya Damkar katanya, masyarakat sangat berterimakasih atas diresmikan Pos Damkar, mudah-mudahan apabila ada musibah kebakaran cepat mendapatkan bantuan Damkar.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi saat peresmian Pos Damkar antara lain mengatakan, dengan adanya pemadam kebakaran diharapkan dapat memberikan perlindungan langsung kepada masyarakat  sesuai dengan tugas pemadam kebakaran yaitu melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan pemadaman serta ikut dalam penyelamatan bencana kebakaran dan non kebakaran.

Penempatan Pos Pembantu Pemadam Kebakaran di wilayah Juli merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam memperluas Wilayah Manajemen Kebakaran (WWK) untuk mempercepat pelayanan penanggulangan kebakaran.

Disebutkan, berdasarkan data beberapa tahun terakhir, Kecamatan Juli merupakan salah satu kecamatan rawan bencana baik kebakaran maupun bencana alam lainnya.

Selain jarak yang jauh dari Pos Induk, letak geografis Kecamatan Juli juga berada  di daerah perbukitan yang ketinggiannya mencapai lebih  dari 1500 meter diatas permukaan laut susah untuk dijangkau.

Petugas dan mobil Damkar  untuk bisa segera melakukan penangana kebakaran, pembukaan Pos Pembantu Pemadam Kebakaran sementara di Juli dirasa sudah tepat.

Peresmian Pos Pembantu Pemadam Kebakaran dihadiri Sekdakab Bireuen, tokoh masyarakat dan sejumlah pejabat serta para kepala desa. Bagi masyarakat yang ingin menghubungi Damkar dalam rangka memadamkan api dan penanganan bencana alam lainnya telepon pengaduan dapat menghubungi Hp  085260525149 dan 081377120644.(*)

Baca juga: Sebelum Tugas Berakhir, Bupati Bireuen Tepati Janji Bonus Untuk Juara MTQ

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved