Breaking News:

Opini

Kasim Arifin Pahlawan Pengabdian

Beliau membantu masyarakat untuk membuka jalan desa, membangun sawah baru, membuat irigasi serta berbagai kebutuhan masyarakat

Editor: bakri
hand over dokumen pribadi
Prof Dr APRIDAR SE MSi, Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Syiah Kuala (USK) dan Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Aceh. 

OLEH Prof Dr APRIDAR SE MSi, Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Syiah Kuala (USK) dan Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Aceh.

MOHAMAD Kasim Arifin, putra Langsa kelahiran 18 April 1938 adalah mahasiswa IPB yang mengikuti program Pengerahan Tenaga Mahasiswa atau KKN di Waimital, Pulau Seram tahun 1964.

Tugas utamanya memperkenalkan program "Panca Usaha Tani" kepada masyarakat.

Beliau membantu masyarakat untuk membuka jalan desa, membangun sawah baru, membuat irigasi serta berbagai kebutuhan masyarakat tanpa ada bantuan pemerintah.

Pengabdian yang tulus yang dilakukan kepada para petani membuat beliau lupa pulang kembali ke almamater.

Masyarakat Waimital menyebut Kasim sebagai "Antua", yaitu sebutan orang yang dihormati di Maluku.

Berawal dari KKN Mahasiswa IPB di Waimital Pulau Seram, saat mahasiswa lainya pulang Kasim 'raib' dan baru kembali 15 tahun kemudian.

Kecintaan beliau terhadap lingkungan hidup menjadikan nama beliau harum serta menjadi sosok yang selalu diperbincangkan.

Ketulusan serta rasa tanggung jawab yang begitu besar terhadap keberlangsungan lingkungan hidup, sehingga beliau mewakafkan diri untuk bekerja optimal tanpa pamrih.

Baca juga: KKN, Kasim Arifin Reborn?

Baca juga: 3.698 Mahasiswa dari Empat Universitas Mengabdi di Tiga Wilayah, Semangat Lahirkan Kasim Arifin Baru

Pak Kasim tidak pernah melakukan publikasi terhadap pekerjaan yang beliau lakukan, dengan keikhlasan serta tanpa ada pencitraan semoga menjadi bahagian dari ibadah.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved