Breaking News:

Berita Banda Aceh

Kabar Gembira Bagi Dunia Pendidikan Aceh, Jurnal Ilmiah Islam Futura UIN Ar-Raniry Tembus Scopus

Kabar menggembirakan kembali menyapa dunia pendidikan Indonesia, khususnya dunia Pendidikan Aceh serta akademisi di Kopelma Darussalam Banda Aceh.

Editor: Syamsul Azman
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg. 

SERAMBINEWS.COM - Kabar menggembirakan kembali menyapa dunia pendidikan Indonesia, khususnya dunia Pendidikan Aceh serta akademisi di Kopelma Darussalam Banda Aceh.

Kabar ini meluas bermula dari beredarnya postingan Dr. Anton Widyanto, M.Ag, Ed.S., di WA Group Rumah Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh tentang Jurnal Ilmiah Islam Futura (JIIF) yang berhasil terindeks pada pengindeks bereputasi internasional Scopus.

Hal ini menggemparkan segenap akademisi di UIN Ar-Raniry dan disambut dengan suka cita dengan ucapan selamat dari sebagian besar pengelola jurnal dan pimpinan di kampus kebanggaan masyarakat Aceh tersebut.

Siaran pers yang diterima Serambinews.com, Senin (8/8/2022) dari Illa Rahmatin, Staf Pengelola Rumah Jurnal, Puslitpen-LP2M UIN Ar-Raniry bahwa Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Mujiburrahman menyampaikan apresiasi atas capaian yang telah diraih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dr. Anton Widyanto selaku Ketua Redaksi bersama tim pengelola JIIF.

Baca juga: Perkuat Statemen Rektor UIN, Aktivis Dayah Akui Syariat Islam Aceh Harus Dievaluasi dan Diperkuat

Jurnal Ilmiah Islam Futura, Pascasarjana UIN Ar-Raniry Berhasil Menembus Scopus
Jurnal Ilmiah Islam Futura, Pascasarjana UIN Ar-Raniry Berhasil Menembus Scopus (SERAMBINEWS.COM)

JIIF merupakan media publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh sejak tahun 2001 dalam versi cetak.

Sejak tahun 2016 JIIF mulai mempublikasikan artikelnya dalam platform online (Open Journal System).

Kata "Futura" bisa ditafsirkan masa depan Islam.

JIIF mempunyai misi akademik untuk membangun kajian-kajian Islam berdasarkan perspektif Islam kontemporer, khususnya di Aceh dan ruang lingkup kawasan yang meliputi Samudera Hindia.

Setiap artikel ilmiah yang dipublikasikan JIIF melalui proses penjaringan dan review yang melibatkan mitra bebestari (reviewer nasional dan internasional) agar sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditetapkan dalam dunia publikasi ilmiah.

JIIF merupakan jurnal ke-2 di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh yg meraih reputasi internasional, dan jurnal ke-3 yg meraih akreditasi internasional (Scopus) di Aceh setelah SIELE (Prodi Pend. Bhs. Inggris, FKIP-USK) meraih Scopus Q1 dan Samarah (Prodi Hukum Keluarga, FSH-UIN Ar-Raniry) meraih Scopus Q3.

Baca juga: Penerapan Syariat Islam Harus Dievaluasi, Rektor UIN Tawarkan Konsep Baru

Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh hingga saat ini menjadi satu-satunya kampus di Aceh yang memiliki 2 media publikasi ilmiah bereputasi internasional.

Jurnal JIIF juga merupakan jurnal ilmiah pertama di UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang meraih predikat akreditasi SINTA 2 pada tahun 2017, yaitu peringkat tertinggi pada tangga akreditasi jurnal bereputasi nasional.

Pada akhir tahun 2020 JIIF melakukan pengajuan ke Scopus, namun sayangnya saat itu JIIF belum beruntung dan kembali mengajukan pada tahun 2022, sehingga jurnal ini berhasil terindeks di pengindeks yang menjadi barometer kesuksesan para pengelola jurnal di Indonesia. (*)

Baca juga: Sah, Prof Mujiburrahman Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dilantik Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved