Breaking News:

Berita Politik

KIP Nyatakan Berkas Pendaftaran Lengkap, PAS Aceh Bersiap Hadapi Verifikasi Administrasi

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan berkas pendaftaran Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh sebagai calon peserta Pemilu 2024 sudah lengkap

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Ketua Umum PAS Aceh Tgk Bulqaini menyerahkan dokumen pendaftaran partai politik lokal sebagai calon peserta Pemilu 2024 kepada Ketua KIP Aceh Syamsul Bahri di kantor KIP setempat, Senin (8/8/2022). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan berkas pendaftaran Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh sebagai calon peserta Pemilu 2024 sudah lengkap.

Dengan begitu, partai yang lahir dari hasil istiqarah ulama Aceh yang ingin memperbaiki perpolitikan Aceh ini pun akan menghadapi tahapan verifikasi administrasi pada 16-29 Agustus 2022.

"Setelah melalui pengecekan dokumen pendaftaran, KIP Aceh menyatakan dokumen pendaftaran Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh lengkap, sehingga pendaftarannya diterima dan dinyatakan lengkap," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KIP Aceh Munawarsyah di Banda Aceh, Senin (8/8/2022).

Pengumuman ini disampaikan setelah PAS Aceh melakukan pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KIP Aceh pada hari yang sama.

Baca juga: Diiringi Shalawat Badar, Tu Bulqaini Mendaftarkan Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh Ke KIP

"Selanjutnya terhadap Partai Adil Sejahtera Aceh, KIP Aceh akan melakukan kegiatan verifikasi administrasi, yaitu melakukan penelitian terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen sebagai pemenuhan persyaratan partai politik lokal Aceh calon peserta pemilu tahun 2024," ucapnya.

Mantan ketua KIP Banda Aceh ini menyatakan bahwa PAS Aceh merupakan partai politik lokal baru di Aceh yang wajib mendaftar ke KIP Aceh seperti partai lain.

Saat mendaftar, partai ini menyampaikan keanggotaan yang sudah terinput di Sipol sebanyak 6.110 orang yang tersebar di 23 kabupaten/kota atau 100 persen tingkat provinsi.

Selain itu, PAS Aceh juga memiliki keanggotaan atau kepengurusan tingkat kecamatan di 236 dari 290 kecamatan (80,3 % ) atau melebihi 2/3 dari yang dipersyaratkan.(*)

Baca juga: KIP Nyatakan Berkas Partai Aceh Lengkap

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved