Breaking News:

Berita Aceh Timur

Kadisbudpar Aceh Resmikan Rumoh Aceh di Peureulak, Minta Lestarikan Cagar Budaya

"Karena itu kami berharap even Festival Kuliner Aceh Timur ini berjalan lancar, dan mendapatkan animo positif dari masyarakat Aceh Timur...

Penulis: Seni Hendri | Editor: Nurul Hayati
SERAMBINEWS.COM/ SENI HENDRI
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Disbudpar Provinsi Aceh, Almuniza Kamal, didampingi Plt Sekda Aceh Timur, dan Anggota DPRA, meresmikan Museum Rumoh Aceh di Lapangan Kota Peureulak Aceh Timur, Selasa (9/8/2022). 

"Karena itu kami berharap even Festival Kuliner Aceh Timur ini berjalan lancar, dan mendapatkan animo positif dari masyarakat Aceh Timur. Dan dengan diresmikannya Museum Rumoh Aceh diharapkan dapat dimanfaatkan menjadi salah satu cagar budaya alam dan objek wisata daerah serta bahan pelajaran bagi generasi muda," ujar T Reza Rizki. 

Laporan Seni Hendri Aceh Timur 

SERAMBINEWS.COM, IDI - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Disbudpar Provinsi Aceh, Almuniza Kamal, membuka Festival Kuliner Aceh Timur, sekaligus meresmikan Museum Rumoh Aceh yang dibangun Disbudpar Aceh tahun 2021 di Lapangan Kota Peureulak Aceh Timur, Selasa (9/8/2022).

Saat meresmikan Rumoh Aceh, Almuniza Kamal didampingi Plt Sekda Aceh Timur, T Reza Rizki, Anggota DPRA dari Fraksi Partai Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky, dan Martini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri, Kadisparpora Aceh Timur Syahril, dan sejumlah Kepala OPD Aceh lainnya. 

Plt Sekda Aceh Timur T Reza Rizki, menyambut baik even Festival Kuliner Aceh Timur ini, dan diharapkan melalui even ini dapat membantu mendongkrak bangkitnya perekonomian daerah yang sempat terpuruk akibat Covid-19. 

Diharapkan, mampu membangkitkan semangat pengusaha UMKM agar  lebih termotivasi untuk menciptakan inovasi dalam kuliner.

Dalam even Festival Kuliner Aceh di Banda Aceh beberapa waktu lalu, jelas T Reza, Aceh Timur berhasil meraih juara favorit. 

Hal ini menunjukkan bahwa kuliner Aceh Timur menu favorit yang diminati masyarakat, dan produk UMKM yang ditampilkan juga mampu menarik minat pengunjung. 

"Karena itu kami berharap even Festival Kuliner Aceh Timur ini berjalan lancar, dan mendapatkan animo positif dari masyarakat Aceh Timur. Dan dengan diresmikannya Museum Rumoh Aceh diharapkan dapat dimanfaatkan menjadi salah satu cagar budaya alam dan objek wisata daerah serta bahan pelajaran bagi generasi muda," ujar T Reza Rizki. 

Sebelumnya Iskandar Usman Al-Farlaky, Ketua Komisi 1 DPRA dari Fraksi Partai Aceh, mengatakan Festival Kuliner Aceh Timur, menjadi momen penting bagi pengusaha UMKM di Aceh Timur untuk menunjukkan produknya kepada khalayak ramai. 

Baca juga: Hari Ini, Museum Rumoh Aceh di Peureulak Diresmikan, Sekaligus Festival Kuliner 

Pemerintah, kata Iskandar, bertanggungjawab mendorong kemajuan dan mempromosikan UMKM di Aceh agar bangkit.

 Jangan sampai produk khas Aceh Timur, diklaim oleh daerah lain, seperti pisang sale, bandeng presto dan aneka kuliner lainnya warisan para indatu.

Rumoh Aceh yang telah diresmikan, ungkap Iskandar juga diharapkan bisa menjadi pusat edukasi dan wahana belajar sejarah bagi generasi muda.

"Sebagai putra daerah Peureulak, saya juga berharap kepada Disbudpar Aceh, agar memperhatikan sarana dan prasarana serta Makam Sultan Alaidin Said Maulana Abdul Azis Syah, yang merupakan Kerajaan Islam pertama di Asia yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan, " ungkap Iskandar. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved