Breaking News:

Berita Aceh Barat

Pembiayaan Pilchiksung di Aceh Barat Sesuai Aturan, Jubir Pemkab: Diatur dalam Qanun dan Permendagri

"Jadi, jika ada pihak yang mengatakan pembiayaan pelaksanaan Pilchiksung tahun ini menabrak aturan, bisa saya pastikan itu keliru," tegas Jubir Pemkab

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Juru Bicara Pemkab Aceh Barat, Adlin 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Juru Bicara (Jubir) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat, Adlin menilai, bahwa pembiayaan penyelenggaraan pemilihan keuchik secara langsung ( Pilchiksung) secara serentak di daerah tersebut dinilai telah sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Menurutnya, dasar hukum pembiayaan pelaksanaan Pilchiksung serentak tahun ini diatur dalam Qanun Nomor 4 Tahun 2009 Pasal 47 yang menyebutkan biaya pelaksanaan pemilihan keuchik bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten/Kota (APBK), anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG), dan sumber dana lain yang sah dan tidak mengikat.

"Jadi, jika ada pihak yang mengatakan pembiayaan pelaksanaan Pilchiksung tahun ini menabrak aturan, bisa saya pastikan itu keliru," tegas Jubir Pemkab Aceh Barat, Adlin, Senin (8/8/2022).

Ia menjelaskan pembiayaan penyelenggaraan Pilchiksung juga diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Tepatnya Bab 5 menyangkut pembiayaan, di mana Pasal 1 menyebutkan biaya pemilihan kepala desa dibebankan pada APBK.

Sedangkan di Pasal 2 disebutkan bahwa dana bantuan dari APBG untuk kebutuhan pada pelaksanaan pemungutan suara.

Baca juga: 297 Gampong di Aceh Barat Segera Gelar Pilchiksung, Pemkab Sosialisasi Juknis Pemilihan

Selain itu, karena Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 Pasal 48 ayat 3, juga mengatur biaya pelaksanaan pemilihan kepala desa dapat didukung dari APBG sesuai dengan kemampuan keuangan desa.

"Itulah dasar lahirnya Qanun Desa Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pemilihan Keuchik dan Peraturan Bupati (Perbup) Aceh Barat Nomor 20 Tahun 2022 tentang petunjuk teknis pemilihan dan pemberhentian keuchik yang didalamnya juga menyebutkan bahwa biaya penyelenggaraan pemilihan keuchik secara serentak atau bergelombang bisa bersumber dari APBK, APBG, dan sumber lain yang sah dan tidak mengikat," paparnya.

Adlin memastikan, pelaksanaan Pilchiksung serentak tahun ini sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk itu, ia mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan terus menjaga kondusifitas agar gelaran Pilchiksung bisa berlangsung dengan lancar, jujur, dan adil.

Baca juga: Apdesi Dukung Percepatan Pilchiksung di Aceh Barat

"Kami berharap masyarakat bisa mendapatkan informasi yang tepat terkait pilchiksung kali ini, jangan mudah terprovokasi dengan informasi yang belum tentu kebenarannya," pungkas Adlin.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved