Breaking News:

Video

VIDEO Kadisbudpar Aceh Resmikan Rumoh Aceh di Peureulak, Sepakat Jaga dan Lestarikan Cagar Budaya

Disbudpar Aceh juga diminta agar memperhatikan kondisi Makam Sultan Alaidin Said Maulana, yang merupakan ikon masuknya islam pertama di nusantara.

Penulis: Seni Hendri | Editor: Hari Mahardhika

Laporan: Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Disbudpar Provinsi Aceh, Almuniza Kamal, membuka Festival Kuliner Aceh Timur, sekaligus meresmikan Museum Rumoh Aceh yang dibangun Disbudpar Aceh tahun 2021 di Lapangan Kota Peureulak Aceh Timur, Selasa (9/8/2022).

Saat meresmikan Rumoh Aceh, Almuniza Kamal didampingi Plt Sekda Aceh Timur, T Reza Rizki, Anggota DPRA dari Fraksi Partai Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky, dan Martini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri, Kadisparpora Aceh Timur Syahril, dan sejumlah Kepala OPD Aceh lainnya.

Plt Sekda Aceh Timur T Reza Rizki, menyambut baik even Festival Kuliner Aceh Timur ini, sehingga diharapkan mampu membangkitkan semangat pengusaha UMKM agar terus menciptakan inovasi dalam kuliner. 

Sebelumnya Iskandar Usman Al-Farlaky mengatakan, pemerintah bertanggungjawab menjaga produk khas Aceh Timur, agar jangan sampai diklaim oleh daerah lain, seperti pisang sale, bandeng fresto dan aneka kuliner warisan para indatu.

Selain itu, kepada Disbudpar Aceh, agar memperhatikan sarana dan prasarana di Makam Sultan Alaidin Said Maulana Abdul Azis Syah, yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal, merespon positif dan sepakat Makam Sulthan Alaidin Said Maulana Abdul Azis Syah, sebagai ikon masuknya islam pertama di Nusantara harus dilestarikan sebagai wisata sejarah.

Untuk Rumoh Aceh, ia berharap dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi dan silaturahmi berbasis Syariat Islam bagi pemuda pemudi Aceh Timur.

Even Aceh Kuliner Festival selama dua hari ini (9-10/2022) ini diikuti oleh semua kabupaten kota di Aceh dengan menyajikan kuliner khas daerah masing-masing, mampu menyerap 100 ribu pengunjung dan transaksi keuangan mencapai 6,3 miliar.

Narator: Suhiya Zahrati
Video Editor: Hari Mahardhika

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved