Breaking News:

Berita Banda Aceh

Aceh di Peringkat Enam Indonesia dalam Hal Capaian Kinerja Demokrasi

"Kalau di wilayah Sumatera, Aceh berada di peringkat pertama," kata Koordinator Fungsi Statistik Sosial, BPS Aceh, Dadan Supriadi di Kantor Kesbangpol

Penulis: Indra Wijaya | Editor: Nurul Hayati
SERAMBINEWS.COM/ INDRA WIJAYA
Kesbangpol Aceh bersama BPS Aceh melakukan rilis indeks demokrasi indonesia (IDI) di Kantor Kesbangpol Aceh, Kamis (11/8/2022). 

"Kalau di wilayah Sumatera, Aceh berada di peringkat pertama," kata Koordinator Fungsi Statistik Sosial, BPS Aceh, Dadan Supriadi di Kantor Kesbangpol Aceh, Kamis (11/7/2022).

Laporan Indra Wijaya | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Aceh berada di peringkat enam dalam hal Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tahun 2021. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), IDI mencapai angka 80,92 persen.

"Kalau di wilayah Sumatera, Aceh berada di peringkat pertama," kata Koordinator Fungsi Statistik Sosial, BPS Aceh, Dadan Supriadi di Kantor Kesbangpol Aceh, Kamis (11/7/2022).

Dadan mengatakan, capaian kinerja demokrasi tersebut berada dalam kategori tinggi. Hal itu kata dia, dipengaruhi oleh tiga aspek demokrasi, antara lain kebebasan sebesar 85,50, kesetaraan 81,41 dan kapasitas lembaga demokrasi 75,82.

"Aspek kebebasan dan kesetaraan juga masuk kategori tinggi. Sementara untuk lembaga demokrasi masuk kategori sedang," ujarnya.

Ia menjelaskan, klasifikasi tingkat demokrasi itu dikelompokkan dalam tiga kategori, yakni tinggi (indeks > 80), sedang (60-80) dan rendah (<60).

"Dan kalau kita lihat dari capaiannya, Aceh termasuk dalam kategori kinerja demokrasi tinggi. Nilai IDI membuat Provinsi Aceh berada di peringkat 6 dari 34 provinsi di Indonesia," jelasnya.

Dadan menjelaskan, dalam kurun waktu 2009-2020, angka capaian indeks demokrasi indonesia (IDI) Provinsi Aceh, cenderung fluktuatif dan masuk kategori sedang.

IDI sendiri lanjut dia, sebagai sebuah alat ukur perkembangan demokrasi yang dirancang untuk sensitif terhadap naik turunnya kondisi demokrasi di suatu wilayah.

"Ini merupakan kado terbaik menjelang hari ini kemerdekaan. Semoga ini bisa terus bertahan," pungkasnya. (*)

Baca juga: VIDEO - Aceh di Peringkat Enam Indonesia dalam Hal Capaian Kinerja Demokrasi

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved