Breaking News:

Berita Simeulue

Gempa Putuskan Kabel Fiber Optik di Lepas Pantai, Layanan ke Simeulue Terganggu, Ini Kata GM Telkom

Putusnya kabel fiber optic segmen laut tersebut berdampak pada layanan Telkom Group di wilayah Kabupaten Simeulue, Aceh, dan sekitarnya yang kualitasn

Penulis: Indra Wijaya | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Petugas Telkom memperbaiki kabel fiber optik yang putus saat proyek pembangunan fly over di Jalan Tgk Chik Ditiro, Simpang Surabaya, Banda Aceh, Rabu (22/3/2017). Sementara itu, informasi terbaru kabel fiber optic segmen laut milik Telkom pada titik 23,8 Km lepas Pantai Bakongan, Aceh Selatan putus akibat gempa bumi, Selasa (2/8/2022). Putusnya kabel fiber optic segmen laut tersebut berdampak pada layanan Telkom Group di wilayah Kabupaten Simeulue, Aceh, dan sekitarnya yang kualitasnya menurun 

Putusnya kabel fiber optic segmen laut tersebut berdampak pada layanan Telkom Group di wilayah Kabupaten Simeulue, Aceh, dan sekitarnya yang kualitasnya menurun. 

Laporan Indra Wijaya | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kabel fiber optic segmen laut milik Telkom pada titik 23,8 Km lepas Pantai Bakongan, Aceh Selatan'> Aceh Selatan putus akibat gempa bumi, Selasa (2/8/2022). 

Putusnya kabel fiber optic segmen laut tersebut berdampak pada layanan Telkom Group di wilayah Kabupaten Simeulue, Aceh, dan sekitarnya yang kualitasnya menurun. 

Putusnya kabel tersebut menyebabkan penurunan kualitas dan gangguan pada trafik layanan Telkom Group baik fixed maupun mobile di wilayah Kabupaten Simeulue.

Selain itu, hal itu juga berdampak pada layanan telekomunikasi di Simeulue terganggu dan salah satu sektor yang paling terdampak adalah perbankan.

Akmal salah seorang warga Simeulue kepada Serambinews.com mengeluh, dikarenakan jaringan di daerah tersebut terganggu.

Baca juga: Fiber Optik Putus di Blangsere, Jaringan Internet Kembali Terganggu di Gayo Lues, Pelanggan kecewa

Warga di sana harus ke area publik seperti kantor desa yang memiliki wifi, untuk dapat bisa mengakses internet.

"Kita berharap jaringannya cepat diperbaiki. Sebab, kita belum tahu sampai berapa lama akan begini," kata Akmal.

Sementara itu, General Manager Telkom Aceh, Teuku Fauzan, mengatakan untuk mengatasi penurunan layanan tersebut, saat ini pihaknya menyiapkan contingency plan (rencana cadangan) untuk layanan backup sementara.

"Dan ini dengan menggunakan  teknologi satelit Radio IP.

Untuk layanan backup sementara menggunakan satelit ini sudah beroperasi," kata Fauzan saat dikonfirmasi Serambinews.com, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Setelah Kasus CPNS, Anak Nia Daniaty Terjerat Kasus Investasi Pulsa dan Fiber Optik, Korban Mengaku

Sementara untuk via jalur Radio IP akan diupayakan selesai pada Minggu ke-4 Agustus 2022.

Untuk proses perbaikan jalur utama via kabel fibel optic yang putus saat ini, sedang dalam proses perizinan dan persiapan kerja.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved