Breaking News:

Berita Luar Negeri

Kemlu Sesalkan Dubes Ukraina yang Sindir Pemerintah Indonesia Bersikap Beda untuk Ukraina, Palestina

Juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, menegaskan sikap Dubes Hamianin sangat tidak patut dan bertentangan dengan pelaksanaan tugas dan misi diplomasi

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Mursal Ismail
Tribun Bali
Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah 

Juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, menegaskan sikap Dubes Hamianin sangat tidak patut dan bertentangan dengan pelaksanaan tugas dan misi diplomasi seorang duta besar.

SERAMBINEWS.COM - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyesalkan pernyataan Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin.

Hamianin menyindir perbedaan sikap pemerintah Indonesia atas serangan Israel di Gaza, Palestina, dengan serangan Rusia ke Ukraina.

Sindiran itu disampaikan Dubes Hamianin melalui media sosial.

Juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, menegaskan sikap Dubes Hamianin sangat tidak patut dan bertentangan dengan pelaksanaan tugas dan misi diplomasi seorang duta besar.

" Ukraina tersebut sangatlah tidak patut dalam rangka seorang duta besar menajalankan misi diplomatiknya di satu negara.

Karena mempertanyakan kebijakan politik luar negeri Indonesia," kata Faizasyah, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (11/8/2022), dikutip dari InfoPublik.id

Faizasyah menegaskan, pihaknya melalui Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI, Ngurah Swajaya, telah memanggil Dubes Hamianin pada 9 Agustus 2022 lalu.

Dalam kesempatan itu pemerintah Indonesia mengecam pernyataan Dubes Hamianin.

"Kami telah memanggil Dubes Ukraina di Jakarta untuk menyampaikan ketidaksenangan pemerintah atau displeasure,”

“dan sekaligus juga mengecam postingan yang bersangkutan di media sosial Kemnlu yang mempertanyakan kebijakan politik luar negeri pemerintah Indonesia," kata Faizasyah.

"Karena sudah mempertanyakan apa yang menjadi ekspresi masyarakat terkait satu isu dan dibandingkan dengan kondisi Ukraina," ujar Faizasyah.

Faizasyah  menilai tindakan mengomentari kebijakan pemerintah RI bertentangan dengan kaidah pelaksana tugas dan misi diplomatik sebagai seorang dubes.

Sebelumnya, Dubes Hamianin mengekspresikan kekecewaan karena Kemlu RI merilis pernyataan kecaman soal serangan Israel di Gaza, Palestina, pekan lalu.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved