Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Penerbangan ke Malaysia Tunggu Juknis

Bandara SIM Blang Bintang, Aceh Besar, sebenarnya sudah kembali dibuka untuk penerbangan internasional sejak 1 Agustus 2022

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
GRANITO WACHYU, Executive GM PT Angkasa Pura II Bandara SIM dan TEUKU FAISAL, Kepala Dinas Perhubungan Aceh 

BANDA ACEH - Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, sebenarnya sudah kembali dibuka untuk penerbangan internasional sejak 1 Agustus 2022.

Hal itu seiring keluarnya instruksi Mendagri Nomor 29 tahun 2022, yang menerangkan bahwa Bandara SIM telah dibuka untuk entry point internasional bersama beberapa bandara lainnya.

Namun publik bertanya, mengapa hingga saat ini belum ada maskapai yang membuka penerbangan rute internasional?

Ternyata penyebabnya karena belum adanya petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Perhubungan, Satgas Covid-19, dan Kementerian/Instansi terkait lainnya.

Publik Aceh pun sangat menanti penerbangan internasional dari Bandara SIM segera dibuka.

Baik itu rute ke Malaysia maupun ke Arab Saudi untuk penerbangan umrah.

Pertanyaan-pertanyaan terkait penerbangan itu mulai berdatangan setelah Harian Serambi Indonesia edisi 17 Juli 2022, merilis berita berjudul: ‘Bandara Sultan Iskandar Muda Layani Lagi Penerbangan Internasional’.

Namun, setelah hampir sebulan surat itu keluar, ternyata belum ada aktivitas penerbangan ke Malaysia di Bandara SIM Blangbintang.

Sehingga sempat memunculkan selentingan dan isu bahwa Bandara SIM belum siap melayani maskapai dan penumpang internasional.

Baca juga: Tiga Maskapai Siap Layani Penerbangan Internasional Dari Bandara SIM, Rutenya Perlu Diperbanyak

Baca juga: Bandara SIM Resmi Jadi Pintu Masuk Perjalanan Internasional

Untuk menjawab hal ini, Jumat (12/8/2022), Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur dan Wartawan, Muhammad Nasir melakukan wawancara khusus dengan Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal, serta Executive General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Sultan Iskandar Muda, Granito Wachyu. Turut pula memberi keterangan Manager Operasi Bandara SIM, Surkani, dan Kabid Penerbangan Dishub Aceh, Muhammad Dahlan. Berikut petikan wawancaranya:

Banyak warga bertanya tentang penerbangan internasional dari Bandara SIM, bahkan ada yang menganggap Bandara SIM belum siap, bagaimana tanggapan Pak Kadishub?

Perlu kami sampaikan bahwa sesuai dengan instruksi Mendagri Nomor 29 tahun 2022, bahwa Bandara SIM telah dibuka untuk entry point internasional.

Tidak hanya Bandara SIM, tapi juga beberapa bandara lain di Indonesia.

Nah, di dalam Inmendagri ini disebutkan juga bahwa selanjutnya untuk petunjuk teknisnya itu akan diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan, Satgas Covid-19, dan kementerian/instansi lainnya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved