Breaking News:

Info Aceh Tengah

30 ribu Peserta Karnaval Pawai Budaya Semarakkan HUT Kemerdekaan RI di Takengon

Pawai budaya ini diharapkan mampu menjaga kelestarian budaya Nusantara, serta memotivasi semangat keberagaman budaya di generasi penerus bangsa.

Penulis: Romadani | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Karnaval dan Pawai Budaya dengan mengusung tema "Karnaval Budaya Nusantara Peringatan HUT Ke-77 di Kota Takengon 2022", Sabtu (13/8/2022). 

Laporan Romadani | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, menggelar Karnaval dan Pawai Budaya dengan mengusung tema "Karnaval Budaya Nusantara Peringatan HUT Ke-77 di Kota Takengon 2022".

Kegiatan itu menjadi salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan Hut Republik Indonesia ke-77 tahun 2022 berlangsung pada Sabtu (13/8/2022)

Peserta yang mengikuti karnaval tersebut sekitar 30 Ribu peserta dari tingkat Taman Kanak-kanak, SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat di Kabupaten Aceh Tengah.

Para seperti semarak dengan menggunakan beraneka ragam pakaian adat dari sejumlah daerah, provinsi dan etnis yang ada di Nusantara, bahkan dimeriahkan juga dengan beragam profesi seperti Dokter, ASN, Guru, TNI, Polri, Petani, pakaian modifikasi, dan beraneka kreativitas yang tampak luar biasa.

Karnaval dan Pawai Budaya yang dilepas secara simbolis oleh Sekretaris Daerah kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, Ap, M.Si, tampak memukau ribuan penonton baik warga Kota Takengon bahkan dari kabupaten tetangga ikut datang menyaksikan berbondong-bondong berdiri berjejer di pinggir jalan protokol Kota Takengon.

Para peserta melewati rute dimulai dari Lapangan Gelanggang Musara Alun, JI. Yos Sudarso sebagai titik awal berkumpul peserta, selanjutnya melintasi Kantor Bupati Aceh Tengah, Jl. Nurdin Sufi, menuju Jl. Lebe Kader, JI Sengeda, JaIan HM Hasan Gayo dan kembali ke Jalan Lebe Kader dari Arah Simpang Wariji, lanjut ke Jl. Yos Sudarso dan Finish di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon dan kembali ke titik Kumpul Awal di Lapangan Gelanggang Musara Alun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, Drs.Uswatuddin, M.AP selaku Ketua Panitia Pelaksana berharap mampu menjaga kelestarian budaya Nusantara, persatuan dan kesatuan serta memotivasi semangat keberagaman Budaya dikalangan generasi penerus Bangsa.

"Kita berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada generasi muda untuk lebih mengenal keberagaman budaya dan kearifan lokal terlebih Budaya Gayo, melestarikan ragam budaya Nusantara di Kabupaten Aceh Tengah, memperkenalkan kearifan ragam budaya Nusantara, sarana promosi budaya dan pariwisata dan meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam keberagaman etnis untuk membangun di Kabupaten Aceh Tengah," terang Uswatuddin.

Bupati Drs Shabela Abubakar, menyampaikan bahwa selain untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI, event ini juga menjadi sarana dalam memperkenalkan budaya Aceh Tengah dan Nusantara.

“Dengan budaya yang luar biasa, yang merupakan potensi kita dalam memajukan daerah yang juga merupakan daerah tujuan wisata baik domestik maupun Luar,” jegas Bupati Aceh Tengah Drs, Shabela Abubakar.(*)

Baca juga: Tidak Ada Karnaval Tahun Ini, Upacara HUT RI di Bireuen Hanya Akan Diikuti 40 Peserta

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved