Breaking News:

Berita Banda Aceh

Besok, 2.800 Ha Lahan Dibagikan Untuk Mantan Kombatan, Tapol/Napol, dan Korban Konflik

800 hektare (Ha) untuk enam kelompok mantan kombatan GAM, tahanan politik dan narapidana politik (tapol/napol), serta masyarakat sipil korban konflik

Editor: bakri
For: Serambinews.com
Azhari Cagee 

* Saat Peringatan Hari Damai Aceh Ke-17

BANDA ACEH - Perdamaian Aceh pada Senin (15/8/2022) besok genap berusia 17 tahun.

Badan Reintegrasi Aceh (BRA) sudah merancang sejumlah agenda untuk merayakan hari bersejarah bagi masyarakat Aceh, Gerakan Aceh Merdeka (GAM), dan Pemerintah Republik Indonesia (RI), itu.

Dibanding tahun lalu, peringatan Hari Damai Aceh kali ini ada satu hal spesifik yaitu dilakukannya penyerahan secara simbolis sertifikat tanah seluas 2.

800 hektare (Ha) untuk enam kelompok mantan kombatan GAM, tahanan politik dan narapidana politik (tapol/napol), serta masyarakat sipil korban konflik di Aceh Besar, Aceh Barat, dan Nagan Raya.

Peringatan MoU Helsinki atau Hari Damai Aceh tahun ini dipusatkan di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, pada Senin (15/8/2022) besok mulai pukul 09.00 WIB.

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Optimalisasi Butir-Butir MoU Helsinki Demi Percepatan Pembangunan Aceh.

Ketua BRA, Azhari Cage SIP, yang dihubungi Serambi, Sabtu (13/8/2022) sore, mengatakan, pemberian lahan pertanian yang pantas untuk eks kombatan, tapol/napol, dan masyarakat korban konflik sudah diatur pada butir 3.2.5 huruf a, b, dan c MoU Helsinki.

Namun, menurutnya, selama ini pembagian lahan pertanian ini belum seluruhnya terealisasi, kecuali secara parsial untuk eks kombatan dan tapol/napol di Pidie Jaya dan Aceh Utara atas prakarsa BRA dan bupati setempat.

Baca juga: Aceh Resource and Development Bahas Percepatan Penyelesaian Hak Eks Kombatan GAM

Baca juga: Aceh Barat Sediakan Lahan untuk Mantan Kombatan GAM, Tapol Amnesti dan Korban Konflik

Untuk tahun ini, atas usaha dan koordinasi BRA dengan Pemerintah Aceh, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sudah menyetujui pengalokasikan 2.800 Ha lahan pertanian yang pantas.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved