Breaking News:

Hari Perdamaian Aceh

Mualem: Mengisi Perdamaian Sungguh Lebih Penting

"MoU Helsinki sudah berusia 17 tahun. Yang perlu kita ketahui semua adalah, perdamaian sudah kita lalui. Tetapi pada saat ini...

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Eddy Fitriadi
For Serambinews.com
Muzakir Manaf atau Mualem. Mualem: Mengisi Perdamaian Sungguh Lebih Penting. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat, Muzakir Manaf alias Mualem mengatakan perdamaian Aceh tercipta atas kebesaran dan keikhlasan dari semua pihak dalam mengakhiri konflik berkepanjangan.

Perdamaian ditandai dengan adanya penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Republik Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Helsinki, Filandia, pada 15 Agustus 2005.

"MoU Helsinki sudah berusia 17 tahun. Yang perlu kita ketahui semua adalah, perdamaian sudah kita lalui. Tetapi pada saat ini, untuk mengisi perdamaian sungguh lebih penting. Sungguh lebih bermakna dalam mengayomi perdamaian tersebut," kata Mualem saat memberi sambutan.

"Dan kita tahu mengisi perdamaian adalah lebih penting daripada perdamaian. Karena kita ketahui, setiap perdamaian adalah akhir dari konflik, akhir pendarahan, air mata, nyawa dan sebagainya," tambahnya.

Mantan Panglima GAM ini mengajak semua pihak di Aceh untuk sama-sama mengisi perdamaian dengan serius.

"Dalam mengisi perdamaian, kita harap semua pihak lebih fokus kepada apa yang diperlukan untuk menguatkan perdamaian itu sendiri," tutupnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved