Breaking News:

Berita Pemilu

7 Parlok Mendaftar ke KIP Aceh, Satu Partai Gagal Penuhi Syarat Pendaftaran

Komisi Independen Pemilihan Aceh (KIP Aceh) resmi menutup pendaftaran partai politik lokal (parlok) calon peserta pemilu 2024

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/HENDRI
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh, Munawarsyah 

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan Aceh (KIP Aceh) resmi menutup pendaftaran partai politik lokal (parlok) calon peserta pemilu 2024 pada Minggu (14/8/2022) pukul 23.59 WIB.

Penutupan itu bersamaan dengan KPU RI yang resmi menutup pendaftaran partai politik berbasis nasional sejak dibuka pada 1 Agustus lalu.

Ketua Divisi Teknis KIP Aceh, Munawarsyah mengatakan, selama 14 hari proses pendaftaran tercatat telah ada 7 parlok yang mendaftar ke KIP Aceh.

"Dari 7 parlok yang mendaftar, ada 6 parlok yang dokumennya dinyatakan lengkap," ujar Munawarsyah dalam siaran persnya, Senin (15/8/2022).

Sedangkan satu parlok yang gagal penuhi syarat pendaftaran yaitu Partai Amanah Reformasi (PAR).

Partai baru ini mendaftar tiga menit jelang penutupan masa pendaftaran yaitu pukul 23.57 WIB.

"Satu parlok yang mendaftar di hari terakhir pada pukul 23.57 yaitu Partai Amanah Reformasi, yang berkas pemenuhan persyaratan pendaftarannya dinyatakan tidak lengkap dan dokumen dikembalikan," ujar Munawarsyah.

Adapun enam parlok yang berkas persyaratan pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2024 dinyatakan lengkap yaitu Partai Aceh (PA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Thaat dan Taqwa (GABTHAT).

Selanjutnya, Partai Darul Aceh, Partai Nanggroe Aceh (PNA), dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Baca juga: Resmi Ditutup! Ini Daftar 47 Partai Nasional dan Partai Lokal Aceh yang Mendaftar ke KPU

Baca juga: 9 Parpol Akan Mendaftar Hari Ini

Untuk parlok lainnya yang sebleumnya ikut mengambil akun Sipol tapi kemudian tidak mendaftar ke KIP Aceh hingga batas waktu pendaftaran 14 Agustus 2022 pukul 23.59 yaitu Partai Islam Aceh (PIA).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved