Breaking News:

Info Aceh Tengah

MAG Aceh Tengah Gelar Pelatihan Melengkan, Bupati Shabela: Upaya Pelestarian Adat Gayo

Pelatihan melengkan ini diadakan dalam rangka pembinaan dan pelestarian adat Gayo di Kabupaten Aceh Tengah.

Penulis: Romadani | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar membuka Acara pelatihan melengkan di Aula Gedung Serba Guna Kampung Bahgie, Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (18/8/2022) 

Laporan Romadani | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON - Majelis Adat Gayo (MAG) menyelenggarakan pelatihan melengkan di Aula Gedung Serba Guna Kampung Bahgie, Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (18/8/2022)

Pelatihan melengkan diadakan dalam rangka pembinaan dan pelestarian adat Gayo di Kabupaten Aceh Tengah.

Pelatihan itu diikuti 79 peserta, yang terdiri dari Imem Mukim, Reje, Para Perwakilan Saraq Opat, perwakilan dari 30 Kampung masing-masing mengirimkan 1 orang peserta,Tokoh Masyarakat dan Anggota Majelis Adat Gayo (MAG) Aceh Tengah.

Diketahui, melengkan adalah salah satu budaya bertutur kata yang telah ada sejak dulu dalam kehidupan masyarakat Gayo, dimana tradisi bertutur atau lisan ini merupakan pondasi dasar bagi pengembangan bahasa.

Hal itu merupakan landasan pokok dari tumbuh kembangnya literasi membaca dan menulis dalam kehidupan masyarakat Gayo termasuk di Takengon Aceh Tengah.

Dalam kesempatan itu Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar membuka Acara secara resmi. Bupati mengapresiasi MAG atas terselenggara nya pelatihan melengkan.

Hal itu dianggap Shabela sebagai salah satu upaya melestarikan nilai-nilai adat istiadat Gayo terutama di era globalisasi seperti saat ini.

Bupati Aceh Tengah menjelaskan dalam melengkan sudah biasa melekat pesan agama yang bisa menjadi renungan untuk orang Gayo.

Selanjutnya, Bupati Shabela Abubakar, menyampaikan, agar pelatihan melengkan dan syair Gayo yang digelar itu juga dapat menjadi sarana yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan tentang adat istiadat.

Tentu, kata Shabela, sesuai dengan ajaran agama Islam, dan kultur budaya yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Gayo Takengon Kabupaten Aceh Tengah.(*)

Baca juga: Yulina Perempuan Gayo Pertama Pembawa Baki Bendera di Istana

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved