Breaking News:

Investor Malaysia Kembangkan Tanaman Bahan Baku Pembuatan Dashboard Mobil di Aceh

kenaf adalah sejenis tanaman berserat, merupakan bahan baku pembuatan dasboard mobil dan lainnya.

LITBANG.PERTANIAN.GO.ID
Investor dari Malaysia akan mengembangkan tanaman kenaf di Aceh bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Investor asal Malaysia, Kenaf Ventura Global, bersama PT Kenaf Diwana Sanjaya dan Pemerintah Aceh, bekerja sama untuk mengembangkan tanaman kenaf di lahan seluas 10.000 hektare.

“Penandatanganan kerja sama itu sudah dilakukan di Jakarta, 16 Agustus 2022. Pemerintah Aceh diwakili Asisten II Ir Mawardi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, Cut Huzaimah, Minggu (21/8/2022).

Dikatakan, Kenav Ventura Global memprogramkan penanaman kenaf, setelah investor Malaysia lainnya, PT Kenaf Diwana Sanjaya sudah menjalin kerja sama dengan petani di Aceh Utara, dengan pengembangan tanaman kenaf di lahan seluas 10 hektare--di atas lahan 500 hektare--di Gampong Cot Mane, Kecamatan Nisam.

“Atas kesuksesan PT Kenaf Diwana Sanjaya itu, manajemen Kenaf Ventura Global, jadi tertarik untuk menanamkan investasinya dalam bidang perkebunan kenaf di Aceh,” tuturnya.

Dikatakan, kenaf adalah sejenis tanaman berserat, merupakan bahan baku pembuatan dasboard mobil dan lainnya.

Manfaat tanaman ini cukup banyak dan untuk Aceh merupakan tanaman baru.

Tanaman kenaf sangat sesuai dengan agroklimat Aceh untuk dikembangkan menjadi komoditi unggulan.

Daun kenaf, bisa digunakan untuk pakan ternak, bijinya bisa untuk minyak goreng, kayu kenaf bisa digunakan sebagai bahan baku industri particle board (furniture, pintu jendela, kusen, pelapis dinding rumah).

Dan serat kenaf, bisa digunakan sebgai bahan baku berbagai industri fiber board.

Diantaranya, geotextile, soil remedition, pulp, kertas, tekstil, karpet, kerajinan tangan, karung goni , sebagai pengemas hasil pertanian, karung gula, karung kopi, karung cengkeh dan lainnya.

Kabid Pengembangan Tanaman Perkebunan Distanbun Aceh, Ir Fachrurrazi mengatakan, dari areal seluas 10.000 hektare yang rencananya akan ditanami kenaf, 1.000 hektare diantaranya akan mulai ditanami tahun ini, di wilayah Cot Girek, Aceh Utara.(her)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved