Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Warga Padati Pentas Seni Budaya Sangar Renggali

Ratusan masyarakat di Aceh Tengah memadati Gedung Olah Seni (GOS) Takengon pada Selasa (23/8/2022) malam, untuk menyaksikan Pagelaran Seni dan Budaya

Editor: bakri
FOR TRIBUNGAYO.COM
Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar memukul gong tanda dibukanya Pagelaran Pentas Seni Budaya Gayo di GOS Takengon, Selasa (23/8/2022) malam. 

TAKENGON - Ratusan masyarakat di Aceh Tengah memadati Gedung Olah Seni (GOS) Takengon pada Selasa (23/8/2022) malam, untuk menyaksikan Pagelaran Seni dan Budaya Sangar Renggali Present 2022.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar.

Amatan TribunGayo.com, pagelaran seni itu berlangsung apik dan dikemas menarik dengan suguhan beragam seni dan tarian dari Dataran Tinggi Gayo.

Puluhan talent pendukung ikut serta memeriahkan acara itu dengan cara menampilkan berbagai atraksi.

Berbagai penampilan disuguhkan, di antaranya Syair Gayo oleh M Din, sebagai salah satu pelaku seni legendaris Tanah Gayo.

Selanjutnya persembahan tarian Murum Meusajan, Tarian Perempuan Berjangkat Utem yang terinspirasi dari catatan Buku Karya Salman Yoga dan suguhan Monolog oleh Ninik Gondrong.

Tak Selesai sampai disitu, berturut-turut persembahan tarian Ketibung, Tube, Monolong Huda, Tari Resam Berume dan Dansa Gayo yang merupakan persembahan dari Sanggar Rempak dan Sanggar Renggali Takengen.

Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar, menandai pembukaan acara itu dengan melakukan pemukulan.

Baca juga: Malam Ini Pengurus Komite Seni Budaya Nusantara Aceh Dilantik 

Baca juga: Dinas Pariwisata Galus Buka Pendaftaran Festival Seni Budaya Gayo Lues, Ini Rincian Hadiahnya

Shabela menyambut baik penyelenggaraan pentas seni budaya Gayo dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 RI tersebut.

"Atas nama pimpinan daerah, kami menyambut baik pagelaran Pentas Seni Budaya Gayo yang digagas oleh Sanggar Renggali Takengon,” ujarnya.

Shabela Abubakar menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam memperkenalkan seni tari dan atraksi budaya Aceh Tengah kepada masyarakat luas.

Terutama bagi para wisatawan baik lokal maupun dari luar.

Pemerintah daerah dia katakan, terus berkomitmen untuk mempertahankan seni dan budaya Gayo agar tetap eksis.

Ke depannya, ujar Bupati, upaya pelestarian seni dan budaya akan semakin diuji, disebabkan pergaulan masyarakat tidak hanya terbatas bertemu langsung, namun juga melalui berbagai media penghubung virtual, daring dan berbagai jenis media online lainnya.

"Komitmen ini, tentunya juga harus didukung oleh seluruh komponen Masyarakat, karena pemerintah daerah tidak akan mampu berbuat sendiri tanpa dukungan dari semua pihak," tegasnya.

"Kegiatan ini diharap akan memberikan peluang seluas-luasnya kepada generasi muda agar berperan aktif dalam pembangunan daerah dan menguatkan citra positif Aceh Tengah sebagai daerah tujuan wisata,” harap Bupati. (rd)

Baca juga: ‘Anak Laki-laki Harus Bisa Tari Saman’, Wabup Buka Festival Seni Budaya Gayo

Baca juga: Dikukuhkan, Pj Gubernur Harap KSBN Aceh Jadi Garda Terdepan dalam Pelestarian Seni Budaya

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved