Breaking News:

Berita Bireuen

Mahasiswa Kedokteran Gigi USK Bersama Dokter Gigi Gelar Aksi Kemanusiaan di Bireuen

Mahasiswa Kedokteran Gigi USK Bersama Dokter Gigi Gelar Aksi Kemanusiaan di Samalanga Bireuen

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS
Para mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi USK Banda Aceh bersama dosen dan dokter gigi PDGI Bireuen, Sabtu (03/09/2022) melakukan pemeriksaan gigi gratis di SDN 3 Samalanga, Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Seratusan lebih mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala ( USK) Banda bersama mahasiswa klinik serta puluhan dokter gigi Persatuan Dokter Gigi Indonesia
(PDGI) Bireuen gelar Aksi Kemanusian ( Aksi Kaninus) ke 12 di SDN 3 Samalanga Bireuen.

Aksi Kaninus berlangsung selama tiga hari mulai Kamis, Jumat dan Sabtu (03/09/2022) bertempat di halaman Puskesmas Samalanga, SDN 3 Samalanga serta mengunjungi seratusan unit rumah warga Desa Meuliek, Samalanga.

Amatan Serambinews.com di SDN 3 Samalanga, para mahasiswa berbagi tugas, ada yang berdiri di pinggir jalan mengajak warga untuk periksa gigi, bertugas mendata warga yang ingin berobat gigi maupun menambal
gigi.

Sedangkan lainnya memandu warga untuk masuk ke ruangan pemeriksaan gigi serta berbagai aktivitas lainnya membantu warga.

Para murid SD yang akan diperiksa giginya diantar ke ruangan pemeriksaan.

Baca juga: Tarif Resmi BBM Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Dexlite dan Pertamina Dex di Daerah Kamu

Ketua Panitia Harlin Tando kepada Serambinews.com mengatakan, Aksi Kaninus merupakan kegiatan bakti sosial yang secara rutin diselenggarakan FKG Unsyiah selama beberapa tahun terakhir.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut, khususnya di Kabupaten Bireuen  yang menjadi daerah sasaran pelaksanaan Aksi Kaninus ke 12 tahun ini.

Harlin merincikan, dalam Aksi Kaninus, ada beberapa agenda kegiatan dilaksanakan mulai dari penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta sikat  gigi massal, penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat, medical check-Up.

Selanjutnya pemberian makanan tambahan, bazar murah dan pojok kuliner dan home visit. seperti sikat gigi massal murid SD, pengobatan gigi dan mulut, home visit termasuk donor darah.

Baca juga: Dua Keluarga Sepakat Damai Terkait Pemukulan Santri di Bustanul Ulum di Aceh Besar

Donor darah dan pemeriksaan kesehatan lainnya berlangsung Jumat (02/09/2022) di halaman Puskesmas Samalanga.

Sedangkan lainnya ada yang dilaksanakan di kawasan Keude Samalanga.

Disebutkan, dalam Aksi Kaninus melibatkan 136 mahasiswa kedotern gigi USK kemudian 16 mahasiswa klinik serta 50 orang lebih dokter gigi  mulai dari dosen dan dokter gigi  PDGI Bireuen

Kepala SDN 3 Bireuen,  Busyara SPd kepada Serambinews.com, pelaksanaan kegiatan Aksi Kaninus USK diawali enam lalu dengan kunjungan dan mendapatkan berbagai informasi, berbagai kegiatan dilaksanakan di komplek sekolah tersebut.

Baca juga: Bupati Aceh Tengah Lantik 13 Jabatan Eselon II, Ini Nama dan Jabatannya

“Sangat banyak manfaat kami terima di sini, mulai dari sosialisasi sampai kepada pemeriksaan gigi anak-anak maupun warga,” ujarnya. 

Disebutkan, jumlah murid SDN 3 Samalanga tercatat 330 orang dengan tenaga pendidik status PNS 13 orang dan non PNS sebanyak 22 orang.

Ditambahkan, Aksi Kaninus memberikan manfaat besar bagi warga sekolah maupun warga Samalanga dalam hal pengobatan gigi dan juga kegiatan lainnya.(*)

Baca juga: Innalillahi Wainnalillahi Rajiun – Ibunda Presenter Serambi On TV Meninggal Dunia

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved