Breaking News:

Berita Aceh Barat

Barat Selatan Dijadikan Kawasan Lumbung Pangan, Diperlukan Kerja Sama Antar Pimpinan Daerah

Kawasan pantai barat selatan (barsela) Aceh yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia melimpah akan dipersiapkan sebagai kawasan lumbung

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Ketua Badan Kerjasama Percepatan Pembangunan Koridor Ekonomi Barsela, Dr Nurdin bersama Rektor UTU Dr Ishak Hasan didamping oleh para Pj Bupati di Barsela, Sabtu (3/8/2022) meresmikan Sektarian Percepatan Pembanguan Ekononi Barat Selatan, di Kampus UTU Meulaboh. 

MEULABOH - Kawasan pantai barat selatan (barsela) Aceh yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia melimpah akan dipersiapkan sebagai kawasan lumbung pangan dunia.

Hal ini menjadi salah satu kesepakatan para bupati dan wali kota dari 8 kabupaten/kota di wilayah itu.

Kesepakatan ini terwujud dalam pertemuan ke dua para kepala daerah di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat pada Sabtu (03/09/2022).

Kegiatan ini menindaklanjuti pertemuan pertama di Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) pada Minggu (21/8/2022).

Adapun pejabat teras yang hadir yaitu, Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin, Pj Bupati Abdya, H Darmansah, Pj Bupati Simeulue, Ahmadlyah, Sekda Aceh Barat Marhaban, Sekda Nagan Raya, H Ardimartha dan Sekda Kota Subulussalam, Taufit Hidayat MM.

Selain itu juga ada Rektor UTU, Dr Ishak Hasan, dan Kepala Perwakilan Kemenkeu RI Provinsi Aceh, Safuadi serta Kepala Bappeda Aceh, H Teuku Ahmad Dadek yang disampaikan sambutan materi pada sesi diskusi melalui zoom meeting.

Untuk mewujudkan kawasan lumbung pangan, para kepala daerah membentuk Badan Kerja Sama Percepatan Pembangunan Koridor Ekonomi Barat Selatan Aceh yang diketuai Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin dengan menetapkan UTU Meulaboh sebagai Sekretariat Bersama.

Usai pertemuan, Nurdin mengatakan bahwa kawasan barat selatan Aceh memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan kerja sama antar kabupaten yang ada di wilayah itu secara berkelanjutan.

Baca juga: Lumbung Pangan Dunia Krisis, Perang Ukraina Picu Kelaparan di Timur Tengah, Afrika dan Asia

Baca juga: Food Estate Ciptakan Lumbung Pangan dan Minimalkan Dampak Negatif Terhadap Kelestarian Alam

"Kita memiliki pelabuhan yang dapat dikembangkan menjadi pelabuhan ekspor CPO dan juga bandar udara yang kemudian didorong membuka jalur penerbangan internasional terbatas untuk mengekspor hasil bumi yang melimpah," kata Nurdin.

Para bupati dan wali kota di kawasan barat selatan Aceh juga bersepakat melakukan pembangunan berbasis keunggulan daerah, sebagaimana yang telah dibahas dalam pertemuan perdana di Blangpidie, Abdya pada Minggu (21/8/2022) lalu.

"Pembangunan ekonomi kawasan barat selatan Aceh juga kita dorong untuk masuk dalam Prioritas Strategis Negara (PSN).

Untuk mencapai tujuan tersebut kita percayakan kepada Universitas Teuku Umar untuk menyusun DED pembangunan ekonomi kawasan barsela," ucapnya.

Dalam sesi diskusi, Prof Dr Jasman J Ma'ruf selaku salah satu penggagas pengembangan poros ekonomi barat selatan Aceh menyampaikan strategi pembangunan ekonomi kawasan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved