Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Kian Ciamik, Wisata Gunung Pandan Aceh Tamiang akan Dilengkapi Pintu Air dan Jembatan, Ini Tujuannya

“Kalau tanggul pintu air ini nanti jadi pengontrol debit air karena di musim kemarau pada beberapa bagian aliran sungai kering,” kata Muslizar.

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Kondisi homestay di objek wisata Gunung Pandan, Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang menjadi primadona baru. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Objek wisata Pemandian Alam Gunung Pandan di Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang terus berbenah.

Bukan sekadar mempercantik diri, pembenahan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

Salah satu program yang akan dikembangkan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tamiang ialah pembangunan talud di daerah aliran sungai serta tanggul pintu air.

Kedua fasilitas ini bertujuan mencegah dinding longsor yang tentunya bisa membahayakan keselamatan pengunjung.

“Kalau tanggul pintu air ini nanti jadi pengontrol debit air karena di musim kemarau pada beberapa bagian aliran sungai kering,” kata Kadisparpora Aceh Tamiang, Muslizar, Minggu (4/9/2022).

Muslizar mengungkapkan, program ini telah tertuang dalam Qanun Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang Nomor: 2 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2013-2032.

Baca juga: Objek Wisata Aceh Tamiang, Dilengkapi Homestay, Pengunjung Kini Bisa Healing di Gunung Pandan

Poin lainnya dalam qanun itu berupa pembangunan jembatan yang diharapkan bisa mendongkrak wisata berbasis ekonomi kreatif.

“Pengembangan wisata Gunung Pandan ini tujuan dan sasaran agar masyarakat dapat mengembangkan perekonomian,” ungkap Muslizar didampingi Kabid Pariwisata, Tamrindu Lubis.

“Di antaranya dapat mengembangkan usaha UMK dan UMKM. Ke depan, kita akan buka even wisata dengan menyajikan produk-produk UMKM  dan menyajikan pargelaran seni,” lanjut Muslizar.

Sebelumnya, objek wisata yang menawarkan keindaham alam yang masih alami telah dilengkapi homestay.

Secara resmi, homestay tersebut sudah bisa dinikmati sejak Mei 2022.

Meski jumlahnya baru sebatas dua unit, setidaknya homestay ini sudah bisa menjawab rasa penasaran pengunjung yang ingin melewati malam di objek wisata yang menawarkan pemandian alam itu.

Baca juga: Selama Lebaran, Pengunjung ke Gunung Pandan Aceh Tamiang Melonjak Drastis, BPBD Awasi di Lokasi

Fasilitas baru ini pun dipastikan program healing pengunjung akan memuaskan.

Dalam percakapan bahasa gaul di Indonesia, kata healing merujuk pada aktivitas untuk mengobati rasa sedih, meluapkan segala emosi, atau melepaskan semua beban yang menumpuk di dalam hati.

Tak hanya homestay, perkembangan objek wisata Gunung Pandan juga telah mengalami kemajuan pesat.

Karena kini telah dilengkapi beragam fasilitas penunjang, misalnya musalla, toilet, gazebo, kafe, lokasi kemah, dan parkir.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved