Breaking News:

Harga BBM

Muammar Khaddafi: Penyesuaian Harga BBM Sudah Tepat

Saya kira penyesuaian harga BBM sudah tepat karena hal ini akan berdampak baik untuk stabilitas ekonomi Indonesia

Editor: IKL
Muammar Khaddafi: Penyesuaian Harga BBM Sudah Tepat
For Serambinews.com
Dr. Muammar Khaddafi, SE, MSi, Ak CA CMA CIBA

SERAMBINEWS.COM - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Dr Muammar Khaddafi SE, MSi, Ak, CA, CMA, CIBA, menilai, penyesuaian harga BBM yang dilakukan pemerintah sudah sesuai dengan implementasi regulasi Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

“Saya kira penyesuaian harga BBM sudah tepat karena hal ini akan berdampak baik untuk stabilitas ekonomi Indonesia, sehingga dapat mengurangi subsidi energi yang selama ini sangat tinggi,” ungkap Khaddafi.

Ia juga menyebutkan bahwa 80 persen masyarakat yang menikmati subsidi BBM adalah orang-orang mampu, sementara 20 persen lainnya merupakan masyarakat kurang mampu. Jadi, lanjutnya, hal ini harus dijaga melalui pengalihan anggaran yang sebelumnya difokuskan pada subsidi energi, dialihkan prioritasnya kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Subsidi tersebut dapat dialihkan secara langsung kepada kelompok masyarakat kurang mampu agar manfaatnya lebih terasa dan tepat sasaran serta dapat juga dialihkan ke sektor pendidikan untuk memberikan dampak langsung ke masyarakat,” imbuh dia.

Khaddafi menambahkan, banyak ditemukan pengusaha yang bergerak di sektor pertambangan juga masih menggunakan BBM jenis solar subsidi, sehingga ini juga menjadi sebuah tolok ukur bahwa BBM subsidi masih jauh dari dinikmati oleh rakyat golongan bawah. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved