Breaking News:

Guru Kontrak

Pj Bupati Pidie Sikapi Honor Ratusan Guru Kontrak yang belum Dibayar Pemkab

Honor guru kontrak belum dibayar terhitung Januari hingga September 2022, sehingga guru kontrak telah pernah mengeluhkan ke Pj Bupati Pidie.

Penulis: Muhammad Nazar | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Sejumlah guru kontrak datang ke Kantor Bupati Pidie, seiring hono belum dibayar Pemkab. 

Laporan Muhammad Nazar I Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Pejabat (Pj) Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto MSi, menyikapi honor ratusan guru kontak yang belum dibayar Pemkab.

Dana untuk membayar honor ratusan guru kontrak telah diplotkan dalam APBK 2022 untuk membayar honor ratusan guru kontrak, tapi honor tersebut belum dibayar.

Dinas Pendidikan (Disdik) Pidie beralasan honor guru kontrak tidak bisa dibayar lantaran guru kontrak tidak diperpanjang SK kontrak.

Honor guru kontrak belum dibayar terhitung Januari hingga September 2022, sehingga guru kontrak telah pernah mengeluhkan ke Pj Bupati Pidie.

Pidie Masih Kekurangan Guru di Saat Perekrutan P3K, Ini Jumlah Guru Honor Aktif Mengajar

"Guru honorer sudah pernah datang menjumpai saya dan mereka telah menyampaikan keluhannya," kata Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto, kepada Serambinews.com, Senin (5/9/2022).

Ia menyebutkan, sesuai terbitnya Peraturan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biokrasi (Pemenpan-RB) Nomor 20 Tahun 2022 tentang perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Permenpan-RB mengisyaratkan ada beberapa kriteria ketentuan guru honorer yang akan dijadikan kententuan untuk mengikuti tes PPPK.

Namun, sebut Pj Bupati Pidie, terhitung empat bulan sebelumnya Pemkab akan mengkalkulasikan hak guru yang belum terbayarkan.

Di mana pembayaran honorer itu disesuaikan dengan catatan personal dari masing-masing kepala sekolah.

"Telah kami sampaikan kapada guru honorer untuk tidak suudzon dulu terhadap pembayaran honor. Jika anggaran mendukung dan memang ada hak mereka akan kita sampaikan nantinya," pungkas Wahyudi Adisiswanto.

Untuk diketahui, tunggakan gaji guru kontrak belum dibayar selama sembilan bulan terhitung Januari hingga September 2022.

Besaran gaji diterima guru kontrak pada tahun 2021 Rp 600.000 per bulan. Sejumlah guru kontrak masih aktif mengajar di SD dan SMP yang tersebar di Pidie.

Kecuali itu, guru kontrak itu ditunjukkan kepala sekolah sebagai wali kelas di sekolah tempatnya mengajar.(*)

Oknum Polisi Tembak Polisi di Lampung Tengah, Aipda Ahmad Karnain Tewas, Pelaku Ditangkap Provost

Pesawat Cessna Terbang tak Lazim, Jerman dan Belanda Kirim Jet Tempur, Akhirnya Jatuh di Laut Baltik

BERITA POPULER - Tanda Tangan Ferdy Sambo Mirip Organ Vital Pria, Panglima TNI Copot Brigjen Nuri

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved