Breaking News:

Formula E

Terkait Formula E, Anies Baswedan Siap Dipanggil KPK Besok, Begini Tanggapan PDIP

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap memenuhi panggilan KPK terkait ajang Formula E pada....

Editor: Eddy Fitriadi
KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Terkait Formula E, Anies Baswedan Siap Dipanggil KPK Besok, Begini Tanggapan PDIP. 

SERAMBINEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap memenuhi panggilan KPK terkait ajang Formula E pada Rabu (7/9/2022).

Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono menyebut langkah tersebut positif.

“Saya kira langkah positif dan saya mengapresiasi atas ketaatan yang dilakoni pak Anies sebagai warga negara dan sebagai gubernur yang mau dimintain keterangan kemudian beliau bersiap hadir, saya kira langkah yang positif lah pasti,” ucap Gembong Warsono saat dihubungi, Selasa (6/9/2022).

Lebih lanjut, PDIP, kata dia, pun merespons baik terkait sikap Anies yang bakal hadir memenuhi panggilan KPK tersebut.

Namun, Gembong enggan berkomentar lebih jauh mengenai detail permasalahan Gubernur DKI  terkait kasus Formula E ini.

“Kalau soal itu kan yang tau persoalannya kan KPK. Kalau KPK memanggil kan tentunya substansinya ada di KPK. Kan enggak tahu persis,” ujarnya.

Menurut dia, gelaran Formula E ini menggunakan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), bukan murni dana dari swasta. Sehingga perlu dipertanggungjawabkan kepada publik Jakarta.

Kemudian, lanjut dia, hingga saat ini pun pertanggungjawaban atas kegiataan tersebut pun belum disampaikan oleh Pemprov DKI.

“Dan yang masih jadi persoalan sampai hari ini pemprov masih belum bisa memberikan laporan hasil berkaitan penyelenggaraan Formula E itu,” kata Gembong.

“Apakah untung apakah rugi dan sebagainya, kan belum ada penjelasan dari pihak penyelenggara dan pihak Pemprov DKI Jakarta,” ujarnya lagi.

Selain itu, pemanggilan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun terkait penyelenggaraan Formula E ini yang bersinggungan dengan masa kontrak Anies yang akan berakhir pada penghunung tahun ini.

Terkait hal itu, ia pun tidak berkomentar apakah hal tersebut berpotensi melanggar hukum atau tidak.

“Ya itu KPK lah nanti. sudah masuk substansi hukum. Mungkin itu menjadi bahan KPK dipertanyakan diklarifikasi kepada gubernur,” jelas Gembong.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Anies Baswedan Bakal Penuhi Pemanggilan KPK terkait Formula E, PDIP Respons Positif: Kita Apresiasi"

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved