Breaking News:

Video

VIDEO Harga BBM Melejit Nelayan Menjerit, Kesusahan Melaut

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) memberikan dampak langsung terhadap kehidupan para nelayan di Aceh.

Penulis: Zainal Arifin M Nur | Editor: Aldi Rani

SERAMBINEWS.COM - Kenaikan harga bahan bakar minyak ( BBM) memberikan dampak langsung terhadap kehidupan para nelayan di Aceh.

Tak hanya harganya yang melejit, para nelayan di Aceh juga kesulitan mendapatkan BBM jenis pertalite dan solar, karena kedua macam BBM bersubsidi ini tidak bisa dibeli dengan menggunakan jeriken di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Sementara sebagian besar nelayan di Aceh masih kesulitan mengakses Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN), karena jarak yang sangat jauh, hingga puluhan kilometer.

Kondisi ini diungkap para nelayan di Lhokseudu, Kecamatan Leupueng Aceh Besar, kepada Asrizal H Asnawi, anggota Komisi II DPR Aceh yang membidangi Perikanan, Kelautan, dan Sumber Daya Energi.

Anggota DPRA asal Aceh Tamiang, Asrizal H Asnawi mengatakan, setelah naiknya harga BBM dia mendapatkan banyak sekali pertanyaan dan keluhan dari para nelayan, terutama dari Langsa dan Aceh Tamiang.

Dalam pesan yang dikirim melalui WA dan FB, para nelayan mengaku tidak hanya kesulitan dengan naiknya harga BBM, tapi juga kesulitan mendapatkan BBM jenis pertalite maupun solar. 

Hal ini ternyata juga dialami oleh para nelayan di Lhokseudu, Kabupaten Aceh Besar. Zulfikar alias Bang Cip, Lidan, Amiruddin, Iskandar, Iqbal, dan Mulyadi, lima nelayan Lhokseudu yang ditemui secara terpisah mengatakan, kehidupan nelayan yang mulai sulit semenjak pandemi, kini semakin terjepit dengan naik harga BBM.

Mereka berharap, pemerintah meninjau kembali kenaikan harga BBM serta memberi solusi agar nelayan bisa mendapatkan BBM bersubsidi di SPBU.

Menurut mereka, selama ini nelayan tidak bisa membeli BBM bersubsidi di SPBU, karena semua SPBU dilarang melayani pembelian dengan jerigen. Sementara mereka tidak mungkin membawa boat ke SPBU. (*)

Editor: Aldi Rani
Narator: Suhiya Zahrati

Baca juga: ABA: Penyesuaian Harga BBM Bersubsidi Tak Dapat Dielak

Baca juga: Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM, Ini 7 Poin Tuntutan Aliansi Kader HMI Langsa

Baca juga: BREAKING NEWS - Ribuan Mahasiswa di Meulaboh Demo Tolak Kenaikan Harga BBM 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved