Breaking News:

Video

VIDEO Pj Bupati Aceh Besar Panen Padi Perdana di Jalin

Selama ini Gampong Jalin memiliki potensi obyek wisata alam dan pemandangan yang masih asri dan indah.

Penulis: Hendri Abik | Editor: Teuku Fauzan

Laporan Hendri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, ACEH BESAR - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, S.STP MM melakukan panen perdana padi sawah di Gampong Jalin, Kecamatan Kota Jantho, Rabu (7/9/2022).

Hadir dalam kesempatan itu, unsur Forkopimda, Kepala Stasiun Klimatologi Aceh Wahyuddin SP, M.I.Kom, unsur Kepala OPD, Forkopincam Kota Jantho, Pimpinan PT Bank Aceh Syariah Cabang Kota Jantho Andri Wardani, para pengurus KTNA, PPL, mentri tani, dan tokoh masyarakat Gampong Jalin dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menegaskan komitmen Pemkab Aceh Besar untuk terus berikhtiar dan berupaya untuk memperkuat pembangunan sektor pangan terutama tani padi di Aceh Besar.

Sebab, selama ini, mayoritas masyarakat bekerja dan menggantungkan masa depannya pada suksesnya kegiatan sektor pertanian.

Selama ini Gampong Jalin memiliki potensi obyek wisata alam dan pemandangan yang masih asri dan indah.

Untuk itu, potensi dan anugerah Ilahi ini harus dijaga dan dilestarikan.

Baca juga: Gunakan Pupuk Non Subsidi, PIM Panen Padi di Aceh Tengah, Perhitungan 10,75 Ton Per Hektare

Atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, Iswanto menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan panen perdana padi sawah Musim Tanam Gadu Tahun 2022 tersebut.

Muhammad Iswanto melanjutkan, pembangunan bidang pertanian, termasuk usaha budidaya padi sawah, merupakan salah satu prioritas yang akan dikembangkan di Kabupaten Aceh Besar.

Karena itu telah menjadi tekad Pemkab Aceh Besar untuk terus mampu meningkatkan produksi padi, jagung, dan kedelai guna mewujudkan Kabupaten Aceh Besar sebagai salah satu lumbung pangan di Aceh.

Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Jakfar SP menambahkan, perkiraan luas tanam dan panen padi MT Gadu tahun 2022 di Aceh Besar ini adalah 13.039 hektare dan perkiraan akhir panen pada bulan November mendatang.

Pada bagian lain, Jakfar menyampaikan apresiasi kepada para PPL dan seluruh pihak terkait yang selama ini membantu dan membina petani, sehingga dapat menghasilkan produksi yang maksimal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Aceh Besar Targetkan 6,7 Ton Hasil Panen Padi di Tahun 2022

Sebagai upaya memotivasi petani, jelas Kadistan Aceh Besar, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan, termasuk penganggaran kegiatan yang mendorong peningkatan produksi tanaman pangan di Kabupaten Aceh Besar.

Pada tahun 2022 Pemkab Aceh Besar telah menganggarkan lebih dari 4 milyar untuk kegiatan demfarm padi sawah dan Sekolah Lapang dalam program IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program) dalam upaya mendorong peningkatan pengetahuan dan ketrampilan petani sehingga pada akhirnya meningkatnya produksi dan kesejahteraan petani di kabupaten Aceh Besar.

Tokoh masyarakat Gampong Jalin, Darwin mengatakan, areal sawah yang ada di wilayah itu mencapai 150 hektare.

Petani sangat bersyukur kepada Allah SWT atas hasil panen yang sangat baik.

Agar ke depan hasil lebih maksimal lagi, ia berharap kepada Pj Bupati melalui OPD terkait agar memperbaiki saluran air yang rusak, sebab fasilitas itu dibangun tahun 1990-an dan hingga kini belum pernah diperbaiki.

Petani juga butuh pompa air untuk dapat menaikkan air yang bersumber dari Krueng Jalin ke persawahan yang ada.(*)

Narator: Suhiya Zahrati

Baca juga: Besok, Aceh Besar Panen Padi Perdana di Kota Jantho

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved