Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Karhutla Kembali Terjadi di Bakongan Aceh Selatan

Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Gampong Ujong Padang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (9/9/2022)

Penulis: Taufik Zass | Editor: Muhammad Hadi
Foto Dok BPBD Aceh Selatan
Kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gampong Ujong Padang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (9/9/2022). 

 Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Gampong Ujong Padang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (9/9/2022) sekira 10:30 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, H Zainal A SE MSi melalui Petugas Piket Pusdalops PB melaporkan, Jumat (9/9/2022) sekira pukul 10.30 Wib, petugas TRC Pos Damkar PB 05 Bakongan melakukan patroli rutin Karhutla di seputaran area rawan Karhutla di Kecamatan Bakongan.

"Dalam patroli ini terpantau adanya titik api di lahan masyarakat yang menimbulkan asap tebal. Disebabkan lokasi pantau titik yang jauh dari permukiman penduduk.

Akhirnya petugas TRC bergerak kembali ke Posko Damkar - PB 05 Bakongan untuk persiapan prasarana keperluan peralatan Pemadaman tersebut," ungkap H Zainal.

Baca juga: Pemuda Aceh Desak Presiden Jokowi Evaluasi Polri

Karena waktu yang sangat singkat, karena bertepatan dengan hari Jumat, akhirnya Danpos Damkar-PB 05 Bakongan memutuskan untuk melakukan pemadaman setelah shalat Jumat berlangsung.

Setelah usai shalat Jumat, tim langsung bergerak kembali untuk melakukan pemadaman lahan terbakar tersebut.

"Kendala dihadapi petugas di lapangan, api sulit dipadamkan dikarenakan lahan gambut dan kebakarannya juga amat Luas yakni lebih kurang 1,5 Ha.

Selain itu Armada tidak bisa ke lokasi karena tidak ada akses jalan serta sumber air tersedia terlalu jauh yang membutuhkan beberapa selang tambahan," ungkap Kalak BPBD Aceh Selatan.

Terkait kondisi terakhir, menurut informasi yang diterima Kalak BPBD Aceh Selatan dari petugas di lapangan, api belum bisa dipadamkan dikarenakan sudah menjelang malam.

"Penyebab kebakaran sejauh ini belum diketahui," pungkasnya.(*)

Baca juga: Amankan Laga Persiraja Vs PSKC Cimahi, Polda Aceh Kerahkan 250 Personel

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved