Breaking News:

Berita Aceh Barat

290 Desa Gelar Pilchiksung di Aceh Barat, Polres Kerahkan Ratusan Personel

Sebanyak 290 desa di Kabupaten Aceh Barat, Minggu (11/9/2022) hari ini akan melaksanakan pemilihan keuchik secara langsung (pilchiksung)

Editor: bakri
Dok Humas
Kapolres Aceh Barat secara bersama melaksanakan doa bersama santunan kepada anak-anak yatim, Sabtu (10/9/2022) di Aula Polres di Meulaboh sebagai upaya mendoa pelaksanaan pilchiksung dapat berlangsung kondusif dan daman. 

MEULABOH - Sebanyak 290 desa di Kabupaten Aceh Barat, Minggu (11/9/2022) hari ini akan melaksanakan pemilihan keuchik secara langsung (pilchiksung).

Ratusan personel polisi dikerahkan untuk pengamanan kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Barat, Teuku Juanda, mengatakan, segala keperluan untuk kesuksesan acara tersebut telah disiapkan, sehingga diharapkan pilchiksung bisa berjalan aman dan lancar.

“Kesiapan ini mulai dari jumlah pemilih, tong, dan kertas suara telah disiapkan termasuk berbagai kesiapan lainnya.

Kita berharap pemilihan keuchik serentak ini berjalan dengan baik, lancar dan aman,” harap Teuku Juanda saat dikonfirmasi Serambi, Sabtu (10/9/2022).

Demikian juga terkait dengan masalah keamanan di masing-masimg desa.

Juanda menuturkan, persiapan keamanan ini telah disiapkan oleh Kapolres dan Dandim yang akan turun langsung mengawasi semua tempat pemilihan suara (TPS) di gampong-gampong.

“Kita harapkan semua pihak mendukung pelaksanaan pilchiksung ini, dengan harapan dapat memberikan nuansa baru dan penuh kedamaian,” ujarnya.

Keamanan Dalam rangka pengamanan pilchiksung, Polres Aceh Barat pada Jumat (9/9/2022) kemarin menggelar apel gelar pasukan pergeseran personel.

Baca juga: Doa Bersama Warnai Kesiapan Pilchiksung Besok

Baca juga: Bupati Nagan Raya Ingatkan Keuchik Hati-hati Kelola Dana Desa, Lantik 8 Keuchik Pilchiksung Serentak

Ratusan personel diterjunkan untuk pengamanan kegiatan tersebut.

“Total personel yang dilibatkan dalam pengamanan pilchiksung sebanyak 1.224 personel, terdiri dari 274 personel polisi, dan 950 personel dari instansi terkait lainnya seperti TNI, Satpol PP dan Linmas,” sebut Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso melalui Wakapolres Kompol Aditia Kusuma.

Dalam apel pasukan itu, pihaknya mengaku sudah menyelenggarakan berbagai tahapan, mulai dari kegiatan ikrar damai yang dilakukan oleh Muspika, Kapolsek, Danramil, serta Camat, yang merupakan bagian dari calling system.

Sementara rapat koordinasi yang diselenggarakan di Polres juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menyinkronkan situasi terkini.

Wakapolres menyebutkan, secara umum untuk wilayah Kabupaten Aceh Barat tidak terdapat TPS yang rawan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved