Breaking News:

Kupi Beungoh

Menentukan Pilihan, Keuchik (Kepala Desa) ber-Visi Lingkungan

euchik berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah Gampong yang memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Gampong.

Editor: Syamsul Azman
FOR SERAMBINEWS.COM
Menentukan Pilihan, Keuchik (Kepala Desa) ber-Visi Lingkungan - Oleh : Ir. M.Nasir, S.Hut, M.Si 

Oleh : Ir. M.Nasir, S.Hut, M.Si

PEMERINTAH Aceh melalui panitia pemilihan keuchik mengadakan pemilihan Keuchik  langsung (pilchiksung). Keuchik atau nama lain adalah pimpinan suatu gampong yang memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan urusan rumah tangga sendiri (Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009). Keuchik mempunyai masa jabatan 6 (enam) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan.  

Menarik dalam pilchiksung yaitu memiliki karakter tersendiri dibandingkan dengan Pilkada maupun pilpres mengingat pemilih secara letak geografis berdekatan. Strategi yang dilakukan oleh calon dan timses mulai dari komunikasi dan marketing politik beragam.

Kelas umur pemilih menjadi segmentasi tersendiri dalam upaya melakukan pendekatan agar pemilih mendapatkan simpati dari calon dan timses. Generasi X yang kisaran usai 40 an memiliki cara padang berbeda dalam menentukan pilihan dengan Generasi Z atau dikenal kalangan milenials.

Keuchik berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah Gampong yang memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Gampong. Keuchik bertugas menyelenggarakan pemerintahan gampong, melaksanakan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat.

Peranan seorang keuchik sangat sentral dalam mewujudkan kemajuan dan kesejateraan suatu gampong. Sebagai orang nomor satu di gampong yang jadi pemimpin, tentunya diharapkan adalah sosok teladan yang memiliki visi dan misi jelas dan kemampuan untuk mewujudkan visinya tersebut. Keuchik terpilih tentunya merupakan cerminan masyarakat yang terpilih. Oleh karena itu perlu menentukan pilihan yang tepat.

Memilih seorang pemimpin adalah bagian dari urusan dunia sekaligus akhirat. Islam memberikan tuntunan dalam memilih pemimpin yaitu pioritas utama adalah orang yang  beriman kepada Allah dan muslim yang baik.

Hal ini bermakna seorang  yang punya integritas, amanah, jujur dan akhlaknya yang  patut menjadi teladan masyarakat. Lalu  seorang yang memiliki kemampuan untuk memimpin rakyat dan membawa mereka hidup lebih sejahtera. Senang bergaul dengan masyarakat dan berusaha mengetahui keadaan masyarakat dengan baik.

Semakin pesatnya perkembangan zaman, update regulasi/peraturan pemerintah dan karakter masyarakat. Mendorong untuk terpilihnya keuchik yang memiliki wawasan terbuka dan bervisi lingkungan.

Mengingat keuchik sebagai aktor utama pembangunan tingkat gampong, dan hingga saat ini kita masih belum tuntas terhadap problematika berhubungan dengan lingkungan hidup. Permasalahan lingkungan yang kerap masih terjadi umumnya berupa pengelolaan sampah, sanitasi lingkungan, lahan tidak terkelola dan dampak perusahaan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved