Breaking News:

Opini

Habis Arun Terbitlah Andaman

Cadangan Gas di Aceh saat ini 0.18 TCF (triliun cubic feet) tidaklah sebesar dulu dibandingkan era kejayaan dari lapangan gas Arun 17 TCF

Editor: bakri
For Serambinews.com
MUHAMMAD MULYAWAN, Alumni Penerima Beasiswa Aceh/DAAD, Deputi Perencanaan Badan Pengelola Migas Aceh 

OLEH MUHAMMAD MULYAWAN, Alumni Penerima Beasiswa Aceh/DAAD, Deputi Perencanaan Badan Pengelola Migas Aceh

CADANGAN Gas di Aceh saat ini 0.18 TCF (triliun cubic feet) tidaklah sebesar dulu dibandingkan era kejayaan dari lapangan gas Arun 17 TCF.

Cadangan Arun bisa dibilang tinggal sisa-sisa yang harus dioptimasi pada fasilitas produksi agar dapat bertahan berproduksi hingga 4 tahun ke depan.

Namun dari sisi potensi sumber daya, Aceh masih menyimpan potensi besar yang membutuhkan waktu lama dan biaya yang besar untuk pembuktian dan mengubahnya menjadi cadangan yang siap dikomersilkan.

Penemuan gas yang baru-baru ini kita dengar di media massa, menjadi harapan baru bagi eksplorasi- eksplorasi selanjutnya.

Sebut saja, sumur eksplorasi terbaru di Wilayah Kerja (WK) Andaman II, Timphan, alhamdulillah berhasil discovery dengan hasil uji sumur sebesar 27 MMSCFD (Million Standard Cubic Feet per Day) gas dan kondensat 1885 bbl/d (barrel liquid per day).

Untuk memperhitungkan volume hidrokarbon dan mengurangi ketidakpastian, diperlukan sumur tambahan sehingga penemuan tersebut dapat segera dikembangkan hingga komersil.

Sedangkan WK Andaman III, saat ini sedang melakukan pengeboran pada sumur Rencong 1X dengan perkiraan selesai beberapa minggu ke depan.

Sebenarnya di manakah letak laut Andaman? Dari sumber Wikipedia laut in terletak di Teluk Benggala, utaranya Aceh, baratnya Myanmar dan Thailand.

Baca juga: Pentingya Edukasi Migas bagi Jurnalis

Baca juga: PT PGE akan Melakukan Seismik Migas di Aceh Timur dan Aceh Utara, Ajak Jurnalis Ikut Dukung 

Laut ini merupakan bagian dari Samudra Hindia dengan Panjang 1200 km (utara – selatan) dan lebar 650 km (timur – barat) dengan luas 797.700 km2.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved