Breaking News:

Masalah Etik Perayaan Ultah Puan Maharani Tutup Buku, MKD: Tidak Rayakan, Hanya Terima Ucapan

Puan Maharani tidak merayakan ulang tahun dalam Rapat Paripurna tanggal 6 September 2022. Dia mengatakan, Puan hanya menerima ucapan selamat ulang

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Amirullah
Thumbnail Serambi On TV
Puan Maharani Dapat Kejutan Ulang Tahun Saat Rakyat Kepung DPR Tolak Harga BBM Naik 

SERAMBINEWS.COM - Polemik permasalahan perayaan ulang tahun (ultah) Ketua DPR RI Puan Maharani kini sudah berakhir.

Puan Maharani dinyatakan tidak melakukan pelanggaran kode etik selaku anggota dewan sebagaimana yang dilaporkan terhadapnya.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI.

Wakil Ketua Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Nazarudin Dek Gam menyatakan, dari hasil rapat usai laporan diberikan, pihaknya tidak menemukan adanya pelanggaran kode etik yang dilakukan Puan Maharani karena peristiwa tersebut.

"MKD DPR RI tidak menemukan bukti terkait pelanggaran kode etik yang dilakukan Puan maharani," kata Nazarudin saat membacakan putusan MKD di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/9/2022) sebagaimana dilansir dari pemberitaan Kompas.com.

Baca juga: Formappi Kritik DPR Rayakan Ultah Puan Maharani

Oleh karena tidak adanya pelanggaran kode etik, kata Nazarudin, maka pengaduan terhadap Puan Maharani tidak dapat dilanjutkan.

Hal ini menimbang pasal 130 ayat 1 dan 2 UU Nomor 17 Tahun 2014, pasal 203 Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020, serta pasal 5,8, dan pasal 11 ayat 1 peraturan DPR RI Nomor 2 Tahun 2015.

"Memutuskan, menetapkan perkara pengaduan dugaan pelanggaran kode etik DPR RI terhadap Puan Maharani Fraksi PDI Perjuangan tidak dapat dilanjutkan dan MKD DPR RI memberikan rehabilitasi kepada teradu ( Puan Maharani)," ucap Nazarudin.

Tak rayakan ulang tahun

Nazarudin saat membacakan keputusan terhadap persoalan etik yang melibatkan Ketua DPR RI menjelaskan, bahwa Puan Maharani tidak merayakan ulang tahun dalam Rapat Paripurna tanggal 6 September 2022.

Dia mengatakan, Puan hanya menerima ucapan selamat ulang tahun dari rekan sejawatnya.

Baca juga: Tangisan Megawati dan Puan Protes BBM Naik, Ini Kilas Balik Momennya yang Diungkit Buruh Saat Demo

"Bahwa yang teradu, Puan Maharani, tidak merayakan pesta ulang tahun dalam rangka Paripurna tanggal 6 September 2022, namun teradu hanya menerima ucapan selamat ulang tahun dari rekan-rekan anggota DPR," ujar Nazaruddin.

Nazarudin mengungkapkan, ucapan selamat ulang tahun itu diberikan jatuh di hari yang sama dengan rapat paripurna.

"Di hari yang sama rapat paripurna (tanggal 6 September 2022) bertepatan dengan hari ulang tahun teradu ( Puan Maharani)," ucapnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved