Breaking News:

Kupi Beungoh

Aceh Mau Maju? Jadilah Givers bukan Takers (Sepenggal Pesan untuk Ketua PP TIM yang Baru Terpilih)

Dalam hubungan ini pemimpin dan rakyat Aceh harus bertekad yang tulus dan ikhlas untuk mengambil peran pokok sebagai giver, bukan taker.

Editor: Zaenal
SERAMBINEWS.COM/HANDOVER
Iskandar Abdullah, alumnus Universitas Indonesia. 

Oleh: Iskandar Abdullah*)

BEGITU mendengar terpilihnya Ir. Muslim Armas pengusaha nasional asal Aceh sebagai Ketua Umum PP TIM (Taman Iskandar Muda – Jakarta) Periode 2022-2026, spontan terpikirkan untuk menitipkan sepenggal pesan dalam kiprahnya untuk kemajuan Aceh.

Untuk menuju kemakmuran, Aceh harus kembali ke khittahnya sebagai “Serambi Mekkah”, yang saat ini sudah terlupakan.

Tidak berlebihan bila ada yang berpendapat bahwa gelar yang sangat sakral dan melekat dengan sebutan Serambi Mekah bagi Aceh, kini hanya tinggal nama tanpa makna.

Untuk membangun Nanggroe Aceh Darussalam yang makmur dan sejahtera rakyatnya, pemimpin Aceh perlu menteladani kepemimpinan Rasulullah SAW.

QS, Al-Ahzab [33], ayat 21.: “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang uang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.”

Andai Aceh mau maju yang terukur dari makmur negerinya, sejahtera rakyatnya, bersatu rakyatnya, tenteram hati pemimpin dan rakyatnya, kuncinya sederhana saja yakni dengan meneladani Nabi Ibrahim, Nabi Musa, dan Rasulullah SAW.

Dalam hubungan ini pemimpin dan rakyat Aceh harus bertekad yang tulus dan ikhlas untuk mengambil peran pokok sebagai “pemberi” atau giver, bukan sebagai  “pengambil” atau taker.

Selama ini kita sudah sangat familiar dan menganggap benar  istilah “take and give” yang  dimaknai dengan  “mengambil dan memberi”, padahal istilah tersebut merupakan kesalahan besar dari sisi syariat Islam.

Kita-pun ikut latah dengan penggunaan istilah yang sudah mendunia itu.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved