Breaking News:

Berita Nagan Raya

Besok, Bupati Resmikan Masjid Giok, Syahrizal Khatib Jumat Perdana di Masjid Agung Nagan Raya Ini

Bertindak khatib perdana di masjid giok ini, Prof Dr Syahrizal Abbas MA, guru besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang juga putra asli Nagan Raya. 

Penulis: Rizwan | Editor: Mursal Ismail
Diskominfotik Nagan Raya
Bupati Nagan Raya dan Bupati Aceh Tamiang foto bersama di sela-sela menyaksikan keindahan Masjid Giok di Nagan Raya, Selasa (12/1/2021). 

Bertindak khatib perdana di masjid giok ini, Prof Dr Syahrizal Abbas MA, guru besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang juga putra asli Nagan Raya

Laporan Rizwan I Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Masjid Agung Baitul A'la atau lebih dikenal Masjid Giok Nagan Raya, besok Jumat (16/9/2022) diresmikan oleh Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham

Peresmian dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat Jumat perdana.

Bertindak khatib perdana di masjid giok ini, Prof Dr Syahrizal Abbas MA, guru besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang juga putra asli Nagan Raya

Sedangkan imam Tgk H Munawir SAg MAg, yang merupakan imam Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh. Sementara muazim, Tgk Raja Mukhlis dari Nagan Raya.

Peresmian masjid agung ini akan ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupari Jamin Idham dibatu giok yang terukir. 

Warga memadati masjid giok di Nagan Raya, pekan lalu.
Warga memadati masjid giok di Nagan Raya, pekan lalu. (SERAMBINEWS.COM/ RIZWAN)

Baca juga: Rp 2,5 Miliar Disiapkan untuk Penuntasan Museum Alquran di Kompleks Masjid Giok Nagan Raya

"Peresmian masjid agung direncanakan akan dihadiri 4.000 orang," kata Kadis Syariat Islam Nagan Raya, H Wahidin kepada Serambinews.com, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya, berbagai persiapan telah dilakukan. Peserta yang hadir dari ASN, masyarakat, pejabat dari provinsi, kabupaten, serta undangan sejumlah bupati. 

"Kami mengajak masyarakat ikut meramaikan pelaksanaan Jumat perdana di masjid agung," kata Wahidin.

Seperti diketahui, masjid ini disebut masjid giok karena lantai dan dindingnya berbahan batu giok. 

Sedangkan Nagan Raya saat ini sudah berusia 20 tahun. 

Masjid Agung Baitul A'la di Nagan Raya kini menjadi pilihan favorit bagi pasangan pengantin untuk melangsungkan pernikahan.
Masjid Agung Baitul A'la di Nagan Raya kini menjadi pilihan favorit bagi pasangan pengantin untuk melangsungkan pernikahan. (SERAMBI/RIZWAN)

Baca juga: Pemkab Kucurkan Dana Rp 10 Miliar untuk Kelanjutan Bangun Masjid Giok Nagan Raya

Nagan Raya adalah kabupaten pemekaran dari Aceh Barat tahun 2002. 

Namun sejak awal pemekaran, masjid yang biasa digunakan kuntuk kegiatan Kabupaten Nagan Raya adalah Masjid Babul Rayyan di Jeuram, sebab pusat ibu kota di Jeuram. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved