Breaking News:

Info Kesehatan

Mengenal Penyakit Tidak Menular dan Pencegahannya

Menurut jenisnya, penyakit dibedakan menjadi dua, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Penyakit menular adalah perpindahan penyakit dari

Editor: IKL
Kemenkes
Mengenal Penyakit Tidak Menular dan Pencegahannya 

SERAMBINEWS.COM - Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal penting bagi kita untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik di masa yang akan datang. Karena hanya dengan demikian, tubuh akan bisa terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan saat harian kita menjalankan aktivitas sehari-hari.

Menurut jenisnya, penyakit dibedakan menjadi dua, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Penyakit menular adalah perpindahan penyakit dari orang yang sakit ke orang yang sehat. Sedangkan penyakit tidak menular adalah sebuah penyakit yang tidak mengalami proses pemindahan dari orang lain, namun menjadi penyebab kematian paling banyak bagi masyarakat.

Macam-Macam Penyakit Tidak Menular
Berikut ini adalah berbagai macam penyakit yang tergolong tidak menular, diantaranya adalah;

  1. Penyakit jantung
  2. Kanker
  3. Diabetes
  4. Penyakit paru kronik
  5. Stroke.

Cara Mencegah Penyakit Tidak Menular
Melihat bahaya yang ditimbulkan dari berbagai penyakit yang tidak menular tersebut, maka penting bagi kita untuk mengetahui cara pencegahan penyakit tidak menular, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan
  2. Rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari
  3. Tidak merokok atau terpapar asap dan residu rokok
  4. Jaga berat badan ideal dan cegah obesitas
  5. Cek kesehatan secara teratur

Dengan menjalankan berbagai cara mencegah penyakit tidak menular tersebut, diharapkan mampu meminimalisir kemungkinan terserang penyakit yang akan mengganggu segala aktivitas kita.

Tetap terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dari petugas kesehatan.(*)

Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved